APLIKASI MEDIA BELAJAR MADING (MAJALAH DINDING) SEBAGAI SARANA INFORMASI DI SD MUHAMMADIYAH 05
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6112Kata Kunci:
informasi, mading, media belajarAbstrak
Media belajar paling efektif dalam mengembangkan minat belajar siswa/I terutama membaca salah satunya Mading. Mading atau Majalah Dinding merupakan sarana media informasi yang menarik dan meningkatkan minat belajar pada siswa/I SD Muhammadiyah 05, Mading bisa dikreasikan sehingga menimbulkan semangat belajar. Siswa/I dapat menuangkan kreativitas dan bisa menempelkan keinginan mereka pada mading. Literasi membaca sangat dibutuhkan sejak dini, anak-anak harus membiasakan budaya membaca sedini mungkin karena meningkatkan pengetahuan umum, masih banyak anak-anak yang belum bisa membaca dikarenakan kurangnya minat belajar pada siswa/I di SD Muhammadiyah 05. Mading hadir untuk memberikan semangat belajar kepada siswa/I SD Muhammadiyah 05, penelitian ini menggunakan metode literatur penelitian dengan memaparkan hasil dokumentasi, sumber tertulis seperti jurnal, buku dan karya imiah lainnya. Kegiatan ini dilakukan seperti penyampaian materi mengenai mading kemudian siswa/I membuat kreasi yang akan di tempel pada Mading, selanjutnya siswa/I menuliskan cita-cita pada kertas dan ditempelkan pada Mading yang sudah disediakan. Ada 2 Mading yang disediakan, Mading pertama berisi informasi mengenai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Mading kedua khusus untuk menempelkan kertas cita-cita yang ditulis oleh mereka sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari di SD Muhammadiyah 05 yang terletak di Desa Rimbo Recap, merupakan bagian kegiatan Kuliah Kerja Nyata di sekolah tersebut. Diharapkan Mading yang telah dibuat bisa digunakan terus menerus sebagaimana mestinya dan meningkatkan literasi di SD Muhammadiyah 05.
Referensi
Ardianik, D. (2019). Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , FKIP Universitas Dr. Soetomo, 11. Aufa, M. (2018). Pku Bagi Mi Muhammadiyah Meduro Melalui Majalah Dinding Mengasah Kreativitas Menulis Dan Gemar Membaca Siswa. Warta LPM, 21(2), 130–135.
Dwi Yasa, Arnelia, dkk. (2020). Membudayakan Keterampilan Menulis Pada Mading Kelas Untuk Meltih Kreatifitas Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Arnelia Dwi Yasa, & Denna Delawanti Chrisyarani. (2020). Keterampilan Menulis pada Mading Kelas untuk Melatih Kreativitas Siswa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 242–249. https://doi.org/10.31849/dinamisia. v4i2.3834.
Heriyanti. (2015). Komunikasi Pembangunan Memberikan Peranan Penting Bagi Pemberdayaan Masyarakatpesisir ( Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Kepulauan Seribu , Jakarta ). PROSIDING SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU & CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) Kajian Multi Disiplin Ilmu Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat, 2(1), 978– 979. https://www.unisbank.ac.id/ojs/ind ex.php/sendi_u/article/view/3309.
Sari, Y. D., & Swestin, G. (2015). Tingkat Pengetahuan Siswa Sd Bina Putra Surabaya Tentang Majalah Dinding Sekolah. Scriptura, 4(2), 78–85. https://doi.org/10.9744/scriptura.4. 2.78-86.
UMAR, W. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Majalah Dinding Kelas. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 206– 215. https://doi.org/10.51878/secondary. v1i3.394.