EDUKASI STRATEGI PEMASARAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH

Penulis

  • Mira Sundari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ayu Wijayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6108

Kata Kunci:

pemasaran, pengelolaan, umkm

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. UKM mampu menampung tenaga kerja yang besar dan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Produktivitas UKM di suatu daerah tentunya akan berdampak pada ketersediaan lapangan kerja dan mengurangi jumlah pengangguran. Untuk mencapai hasil yang baik, UKM harus tahu cara mengelola usahanya. UKM yang berfungsi dengan baik mempunyai daya saing yang tinggi. Agar sukses, UKM harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk membangun bisnis yang baik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM mengenai pentingnya strategi pemasaran dan pengelolaan keuangan bagi keberlangsungan usahanya. Kegiatan ini menghasilkan pemahaman tentang strategi pemasaran produk yang kreatif dan inovatif serta kemampuan membedakan pembiayaan UKM dan perseorangan.

Referensi

Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar) Online Marketing Strategy (Case Study Of Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank In Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), h. 220.

Dhamayantie, E., & Fauzan, R. (2017). Penguatan Karakteristik Dan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, March. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2017.v11.i01.p07

Ghasarma, R., Eka, D., Karimudin, Y., Isnurhadi, I., & Bang, P. L. (2022). Pendampingan Pengelolaan Keuangan UMKM dan Optimalisasi Usaha Masyarakat dalam Menghadapi Era Normal Baru di Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 3(1), 65–72. https://doi.org/10.29259/jscs.v3i1.49.

Isabella, A. A., & Sanjaya, P. N. (2021). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN “ PENGELOLAAN KEUANGAN BISNIS ONLINE SHOP ERA DIGITAL .” 2(1), 15–21.

Kurniawan, M. M. W., Manafe, L. A., & Abidin, M. Z. (2022). Keputusan Pembelian Keripik Bakso Goreng. Edunomika, 06(01), 64–71.

Made, N., Made, N., & Juniariani, R. (2020). MANUSIA DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGUKUR KINERJA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH ( UMKM ). 11(2), 148–154.

Reni Fatwitawati S.E., M. A. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanaru. Sembadha: Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 225–229. https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/sembadha/article/view/376.

Riset, J., Prodi, M., Fakultas, M., & Unisma, B. (1808). Vol. 12. No. 02 ISSN : 2302 - 7061. 12(02), 221–232.

Setyaningrum, F. (2019). Strategi Laporan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Optima, 2(2), 14. https://doi.org/10.33366/opt.v2i2.1164.

Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31–42. https://sj.eastasouth-institute.com/index.php/smb/article/view/22.

Diterbitkan

2023-12-25

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 21 times