MENANAMKAN JIWA KEPEMIMPIN PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD MUHAMMADIYAH 02 PENDAKIAN KOTA BENGKULU

Penulis

  • Muhammad Amin Akbar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Agus Ramon Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6105

Kata Kunci:

kepemimpinan, keterampilan, anak

Abstrak

SD Muhammadiyah 02 pendakian kota bengkulu adalah sekolah dasar yang terletak di jalan Pendakian ,Malabero,Kecematan Teluk Segera Kota Bengkulu ,Kabupaten Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu. Sekolah ini memiliki lokasi yang strategis dengan banyak siswa dan guru. Masa kanak-kanak merupakan masa keemasan perjalanan manusia. Saat ini merupakan masa kritis bagi perkembangan manusia, termasuk perkembangan spiritual, motorik, intelektual, linguistik dan sosial. Kecerdasan emosional membantu anak mengelola amarahnya dan menerima perbedaannya dengan orang lain. Maka anak tersebut akan menjadi anak yang tidak hanya cerdas, namun juga sehat mental, mempunyai emosi yang baik dan menjadi pemimpin. Salah satu bidang kecerdasan emosional yang menjadi fokus adalah keterampilan sosial anak, karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa sendiri dan membutuhkan orang lain. Saat ini, di dunia digital, anak-anak menghabiskan hari kerjanya sendirian dengan perangkat elektronik dan menjadi manusia. Jadi penting untuk memperhatikan. Mengembangkan keterampilan kepemimpinan pada anak sejak dini akan membantu mereka membangun keterampilan berpikir yang benar, memungkinkan mereka mengambil keputusan yang baik di masa depan dan membantu mereka memahami diri sendiri dan orang lain.

Referensi

Bakhtiar, B. (2022). Pengembangan Keterampilan Kepemimpinan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(7), 103–112. https://doi.org/10.47498/bidayah.v13i1.1003

Hasanah, E., Suyata, S., Ghazi, M. I. Al, Fauzia, F., & Akbar, S. (2023). Pengembangan Keterampilan Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 373–381. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4579

Kadir, M., Ningsih, D. A., Hasmiati, & Qadrianti, L. (2021). Karakteristik Kepemimpinan Madrasah Ibtidiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 6(1), 14–23. https://doi.org/10.47435/jpdk.v6i1.583

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Istiningtyas, A., & Safitri, W. (2020). Upaya melatih jiwa kepemimpinan pada anak usia dini melalui big puzzle. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu, 2(3), 124–127.

Mulyono, H. 2018. "Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggi.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290–297. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v3i1.93

Waruwu, W. 2021. Membangun kepemimpinan dalam diri anak sejak usia dini. 1–9.

Hajar, S., Tinus, A., & Budiono. 2019. "Pembinaan Kesiswaan Untuk Penumbuhan.” Civic Hukum, 4(1), 56–66.

Diterbitkan

2023-12-22

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 20 times