MENIGKATKAN MINAT BERHITUNG MELALUI GAME MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SDN 76 BENGKULU TENGAH

Penulis

  • Indah Safitri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Siti Darwa Suryani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6073

Kata Kunci:

game, menghitung, siswa

Abstrak

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan minat dan keterampilan komputasi siswa Kelas VI SDN 76 Bengkulu Tengah melalui penerapan permainan matematika. Metode yang digunakan dalam crowdsourcing ini adalah Participatory Action Research (PAR) berupa: 1) pemberian materi matematika dan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal yang dilahirkan siswa; 2) penerapan permainan matematika sebagai sarana untuk meningkatkan minat dan keterampilan komputasi siswa; dan 3) mengembalikan materi dan mengikuti post-test untuk melihat hasil pelaksanaan permainan matematika. Tingkat minat siswa terhadap matematika sebelum menerapkan permainan matematika adalah 25% dan setelah menerapkan angka ini meningkat menjadi 87,5%. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, permainan matematika dapat meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika dan meningkatkan kemampuan berhitungnya, hal ini terlihat dari hasil sebelum dan sesudah tes.

Referensi

Kurniawan, Rivaldi.(2021). Game edukasi pengenalan dan pembelajaran berhitung untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Manajemen Informatika.

Prasetyo, Hrdjono. (2020). Efektifitas penggunaan media pembelajaran permainan terhadap minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo.

Maysatul Azkiyah, Agus budiono & Arin Wildani. (2021). Peningkatan minat dan kemampuan menghitung siswa melalui game matematika. J. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.

Dewi, Asril. (2021). Meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak .

Fatmawati, N. (2020). Peningkatan kemampuan berhitung melalui pendekatan realistic mhatematic education. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Sirat, E. D. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Syafik, A. (2023). Permainan matematika sebagai metode alternative dalam pembelajaran matematika pasa siswa kelas 6 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika.

Diterbitkan

2023-12-18

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 23 times