BUDIDAYA TANAMAN SELEDRI DI PEKARANGAN RUMAH SEBAGAI TANAMAN OBAT KELUARGA UNTUK MENGATASI HIPERTENSI

Penulis

  • Adityo Adityo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Suryadi Suryadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6072

Kata Kunci:

hipertensi, budidaya, seledri, tanaman obat, pekarangan

Abstrak

Hipertensi atau biasa juga disebut tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang menyebabkan tekanan darah dalam arteri tubuh seseorang melampau batas normal. Hipertensi biasanya sangat sering terjadi di Indonesia bahkan di dunia dengan paling rentan terjadi pada orang-orang yang sudah berusia tua, gaya hidup yang tidak sehat, dan orang-orang dengan kondisi medis lainnya. Untuk mengatasi hipertensi tidak selalu harus dengan mengonsumsi obat modern atau obat dari bahan-bahan kimia, namun juga dapat mengonsumsi obat herbal yang bisa ditanam langsung di pekarangan rumah masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya dan pergi ke apotek untuk membeli obat hipertensi, pengonsumsian obat herbal ini juga aman untuk dikonsumsi seluruh masyarakat meskipun memiliki penyakit lain. Berdasarkan permasalahan tersebut maka solusi yang dilakukan penulis dalam kegiatan ini yaitu melakukan budidaya tanaman seledri di pekarangan rumah sebagai tanaman obat keluarga untuk mengatasi hipertensi. Kegiatan ini dilakukan di Desa Padang Lekat RT 14 RW 3 Kepahiang. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu dibagikannya beberapa tanaman seledri kepada masyarakat serta masyarakat Desa Padang Lekat RT 14 RW 3 Kecamatan Kepahiang Provinsi Bengkulu memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk budidaya seledri.

Referensi

Harmanto, N. (2007). Herbal untuk Keluarga Jus Herbal Segar dan Menyehatkan (1 ed.). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ismail. (n.d.). Pentingnya Sosialisasi bagi Anak (Studi Kajian Sosiologi Pendidikan). Jurnal Sosiologi Agama UIN SU, 28.

Junaedi, E., Yulianti, S., & Rinata, M. G. (2013). Hipertensi Kandas Berkat Herbal (1 ed.). Jakarta Selatan: FMedia.

Medika, T. B. (2017). Berdamai dengan Hipertensi (1 ed.; Y. N. I. Sari, ed.). Jakarta: Bumi Medika.

Najmah, Idris, H., Rahma, C. A. A., Ramawati, M., & Malfiro, A. (2023). Mengenal 33 Jenis TOGA di Arboretum Tanaman Obat Keluarga (1 ed.). Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Rasdiyanah. (2022). Mengenal Hipertensi pada Kelompok Dewasa dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan (1 ed.). Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.

Salikin. (2005). Sistem Pertanian Berkelanjutan. Yogyakarta: Kanisius.

Ulya, N., & Jannah, M. (2021). Seledri Pengobatan Hipertensi (1 ed.). Semarang: Penerbit NIM.

Diterbitkan

2023-12-17

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 48 times