PENGENALAN PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR 89 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6070Kata Kunci:
kesling, sampah, organik, anorganikAbstrak
Sejak menginjak bangku SD. Anak-anak harus dikasih peminjauan mengenai bagai mana menjaga lingkungan agar tetap lestari dan memciptakan suasana yang berpotensi meningkatkan angka kesehatan. Kesehatan lingkungan ini sangat penting diterapkan di usia dini terutama pada siswa SD dikarenakan bisa menghindari penyakit menular. Saat saat kegiatan ini survei di SD 89 Kota Bengkulu terdapatnya sampah yang bertumpukan di belakang halaman kelas seperti kayu, sampah plastik dan limbah rumah tangga. Dikarenakan setalah hujan air tergenang yang dimana dapat berpotensi meningkatkan perkembang biakan nyamuk. Tujuan kegiatan ini melakukan dan merapkan kegiatan ini untuk mengajak anak anak terutama siswa SD 89 Kota Bengkulu menerapkan kesehatan lingkungan ini dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari penyakit. Hasil yang kegiatan ini dapat setelah melakukan edukasi ini lingkungan sekolah yang tadinya sudah menjadi sumber penyakit, sekarang lingkungan sekolah tersebut sudah bersih dari sisa-sisa sampah anorganik maupun organik dan 80% siswa sepenuhnya sudah memahami begitu penting menjaga kesehatan lingkungan. Harapan kegiatan ini kepada siswa maupun pihak sekolah yang terlibat agar selalu menerapkan edukasi yang sudah di terapkan oleh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Bengkulu sepenunya.
Referensi
Ariani, R., & Riza, F. V. (2019). Peningkatan Derajat Kesehatan Melalui Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini. Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 319–322.
Astuti, A. K. (2016). Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini Di Paud Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 264. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p264-272
Akhwani. (2014). Pengembangan Karakter Religius Melalui Ekstrakurikuler Yasinan Di SMA Negeri 1 Kayen Kabupaten Pati. Unnes Civic Education, 15.
Dita Puteri, A., & Yuristin, D. (2022). Penyuluhan Pengelolaan Sampah Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 008 Salo. COVIT (Community Service of Health), 2(2), 271–276. https://doi.org/10.31004/covit.v2i2.10561
Fitri, R. A., & Hadiyanto, H. (2022). Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690–6700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3485
Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3482–3489. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1344
Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 37–44.
Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151
Suprapto, S., & Arda, D. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas, 1(2), 77–87. https://doi.org/10.25311/jpkk.vol1.iss2.957
Yuningsih, Y., Anwar, A. S., Guru, P., & Dasar, S. (2014). Sosialiasi Lingkungan Pada Anak Tingkat. 2(1), 2350–2354.