SOSIALISASI MENABUNG SEJAK DINI UNTUK MASA DEPAN SISWA KELAS IV SDN 8 KAUR

Penulis

  • Ario Syahdeli Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Merta Kusuma Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Tezar Arianto Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6069

Kata Kunci:

menabung, usia dini, masa depan

Abstrak

Menabung adalah salah satu cara dalam pengelolaan keuangan yang dimana kita menyisihkan sebagian uang untuk disimpan. Yang bertujuan untuk dana persiapan di masa depan. Menumbuhkan kebiasaan menabung dilakukan saat anak masih usia dini, sehingga menabung menjadi kebiasaan sampai dia dewasa. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak sekarang ini adalah belum paham betul untuk apa menabung dan kesadaran untuk menabung pun masih minim. Maka dari itu kami Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Bengkulu tahun 2023 yang berlokasi di Desa Lubuk Gung, Kecamatan Semidang Gumay, Kabupaten Kaur berinisiatif melakukan edukasi melalui Sosialisasi Menabung Sejak Dini Untuk Masa Depan Siswa Kelas IV SD N 8 Kaur, dengan tujuan untuk memberi pemahaman pentingnya menabung pada anak-anak pada usia dini. Adapun materi yang diberikan yaitu definisi menabung, tujuan menabung, manfaat menabung, dan cara menabung yang baik. Dengan kegiatan yang dilaksanakan berupa : 1) melakukan observasi dan audiensi kepada kepala sekolah dan dewan guru. 2) persiapan Materi yang akan disampaika. 3) Pelaksanaan Sosialisasi Menabung Seak Dini Siswa Kelas IV SD N 8 Kaur. 4) Pemberian reward kepada siswa yang aktif. Hasil dari Program kerja sosialisasi tersebut siswa mampu mempersiapkan diri untuk masa depan dan mampu memahami materi dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Krisdayanthi, A. 2019. Penerapan Financial Parenting (Gemar Menabung) pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4(1), hal 1-7.

Mahdi Igamo, A., Effendi, A., Apriani, D., & Andaiyani, S. (2021). Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini di Desa Kota Daro II. Jurnal Pengabdian Aceh, 1(4), 214–218.

Berk L.E. dan A. Winsler. 1995. ScaffoldingChildren Learning: Vygotsky and Early Childhood Education. Washington, DC:NAEYC

Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. 2019. Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. 6.

Rostanti, Qommarria. 2016. “OJK Berharap Pola Pikir Konsumtif Masyarakat Berubah Menjadi Produktif”.Republika,7 November 2016.

Totenhagen CJ, Casper DM, Faber KM, et al. 2015. Youth financial literacy: A review of key considerations and

promising delivery methods. Journal of Family and Economic Issues 36(2): 167–191

Fajri, Z. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa SD/ MI. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 46–55.

Diterbitkan

2023-12-13

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 35 times