UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI BIMBINGAN BELAJAR

Penulis

  • Herly Fathonah Agustika Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rangga Jayanuarto Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ivan Achmad Nurcholis Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6066

Kata Kunci:

kosakata, bimbingan,bahasa inggris

Abstrak

Bimbingan belajar bahasa Inggris merupakan suatu bentuk program pembelajaran tatap muka dan kerja praktek (KKN)  yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan belajar bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Sasaran  program ini adalah siswa sekolah dasar di RT 21 RW 05, Kelurahan Kandang Mas, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Program bimbingan belajar ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan dasar dan meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Berdasarkan hasil analisis situasi saat ini, tingkat pemahaman dan kemampuan dasar bahasa Inggris siswa sekolah dasar di RT 21 Kelurahan Kandang Mas masih rendah. Hal ini terjadi karena bahasa Inggris merupakan bahasa asing sehingga penguasaannya tidak mudah dan kemauan belajar bahasa Inggris di luar jam sekolah pada siswa sekolah dasar di RT 21 Kelurahan Kandang Mas masih lemah. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya agar siswa lebih sadar untuk belajar bahasa Inggris di luar jam  sekolah. Program bimbingan belajar ini berlangsung sekitar 4 minggu, dengan 3 janji temu per minggu: Senin, Rabu, dan Jumat. Program bimbingan belajar ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa untuk belajar mandiri di rumah dan melalui upaya ini diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Referensi

Alshenqeeti. (2014). Interviewing as a Data Collection Method: A Critical Review. 40.

Ambaryanti. (2013). Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di RA Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran. 2011/2012.

Asmin. (2013). Pengenalan dan Peningkatan Minat Anak Usia Dini untuk Mempelajari Bahasa Inggris. 193.

Hamdayana. (2017). metode eksperimen.

Nurhalimah, Romdanih, & N. (2020). (2020). Upaya Meningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II , 72–78.

Rondiyah. (2017). Pembelajaran Sastra melalui Bahasa dan Budaya untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Kebangsaan di Era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). 1.

Syakir, A., & E. (. (2020). eveloping Students Vocabulary at Elementary. Ahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 38-45.

Wahyuni, D. (2016). Kreativitas Berbahasa Dalam Sastra Anak Indonesia. 7, 127–146.

Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. 85.

Diterbitkan

2023-12-11

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 42 times