PENGENALAN ASMAUL HUSNA PADA SISWA KELAS VI SDN 87 KOTA BENGKULU

Penulis

  • Husnul Khotimah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Siti Misbah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6041

Kata Kunci:

siswa, asmaul husna, pengenalan

Abstrak

Asmaul Husna adalah nama – nama Allah yang indah. Maksudnya ialah nama – nama yang menjelaskan sifat –sifat Allah Swt yang indah lagi baik. Asmaul Husna ini tercantum di dalam kitab suci umat Islam yaitu Al Quran. Jumlah Asmaul Husna tersebut ada 99. Nama – nama ini tidak hanya menunjukkan keindahan, namun juga mewakili keagungan serta kesempurnaan-Nya. Setiap Asmaul Husna memiliki arti dan makna tersendiri yang tentunya sangat baik. 99 nama Allah ini memiliki berbagai keutamaan saat seseorang memahaminya. Itulah mengapa, menghafalkan dan memahami makna Asmaul Husna menjadi satu hal yang sangat penting. Tujuan pengenalan Asmaul Husna pada anak kelas VI Sekolah Dasar Negeri 87 ini adalah 1.) Untuk mengenalkan anak pada Allah dan seperti apa sifat-Nya 2.) Mendekatkan anak pada sang pencipta. Dengan mengenal, anak akan menjadi lebih dekat pada Allah dan selalu mengingatnya 3.) Menjauhkan anak dari perbuatan syirik,memahami Asmaul Husna membantu anak untuk meneguhkan Islamnya, meyakini kebesaran Tuhannya, dan akhirnya menjauhkan anak dari perbuatan syirik dan munkar. Metode yang dipakai dalam pembelajaran ini adalah metode demonstrasi yang dimana pengajar menjelaskan dan memberi pengertian tentang apa itu asmaul husna serta bagaimana cara agar anak – anak dalam mengamalkan Asmaul Husna dalam kegiatan sehari – harinya. Hasil dari pembelajaran pengenalan Asmaul Husna ini adalah 78% dari anak kelas VI dapat menghafal dan memahami dengan mudah apa dan bagaiman cara mengaplikasikan Asmaul Husna dalam kegiatan sehari – hari. Sedangkan 22% dari murid tersebut belum bisa dengan lancar dan tepat memahami dan menghafalkan Asmaul Husna tersebut. Solusi untuk kedepannya agar anak – anak dapat 100% hafal dan mengerti dari materi Asmaul Husna ini adalah dengan menggunakan metode bernyanyi , agar Asmaul Husna tersebut dapat dengan mudah teringat di ingatan anak – anak.

 

 

Referensi

Achadi, M. W., & Aprilia, S. I. (2023). Pembelajaran Asmaul Husna Sebagai Bentuk Pengamalan Tauhid (Studi Living Qur’an di SD Islam Nazhirah Bandar Lampung). Journal on Education, 5(4), 12360–12367. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2216

Andriyani, & Margono, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Sifat -Sifat Allah Melalui Pembelajaran Al-Asma , Al-Husna Dengan Metode 2-2 (Studi Kasus Di Lab School Fip Umj ). Jurnal Tahdzibi Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 39–46. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.39-46

Creswell. (2015). Bab Iii Metodologi Penelitian Kualitatif. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2003, 2013–2015.

Dhaha, A. (2023). PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. 3(2), 360–369.

Hirdayanti, A. (2023). Pengaruh Terapi Lantunan Asmaul Husna Terhadap Kadar Gula Darah Sewaktu Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II di Desa Sigerongan pada Wilayah Kerja Puskesmas Sigerongan. 11(1), 382–393. https://doi.org/10.37824/jkqh.v11i1.2023.515

Ilmiah, J., Pendidikan, M., & Usia, A. (2016). Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Untuk Melejitkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Pada Tk Islam Terpadu Suloh Kota Banda Aceh. 1(1), 29–35.

Ilvi Nur Afifah, I. N. I. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi Asmaul Husna dengan metode bernyanyi di kelas VI madrasah Ibtidaiyah Al-Misbakh sumbermanjing wetan tahun Ajaran 2018-2019. Proccding International Seminar on Islamic Education and Peace , 1(Mi), 1–4.

Kautsar, R. D., & Sanjaya, R. (2021). Pembuatan Game “Quiz Trivia Asmaul Husna” Sebagai Media Edukasi Menggunakan Construct 2. EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 2(2), 149–161. http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/600

Nurhidayati, S., & Imron, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Melalui Konsep Ular Tangga Asmaul Husna. Proceeding Umsurabaya, 350–356.

Wirman, E. P. (2019). Sifat Dan Zat Allah Menurut Abduh Berdasarkan Buku Hasyiah. TAJDID : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Ushuluddin, 16(2), 159–176. https://doi.org/10.15548/tajdid.v16i2.95

Diterbitkan

2023-12-10

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 46 times