PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI DESA TANJUNG BUNGAI 1 KECAMATAN LEBONG

Penulis

  • Ego Agus Sigit Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Adi Asmara Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ristontowi Ristontowi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rahmat Jumri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nyayu Masyita Ariani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6038

Kata Kunci:

pendampingan belajar, pembelajaran, matematika

Abstrak

Kegiatan pendampingan belajar bagi anak-anak sekolah dasar merupakan salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Bengkulu Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Desa Tanjung Bungai 1, Kecamatan Lebong Tengah. Melalui Kuliah kerja Nyata, diharapkan Mahasiswa dapat memperoleh pengalaman hidup dalam bermasyarakat dan mamapu menerapkan pengetahuan akademik mereka. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada Kuliah Kerja Nyata melaksanakan program kerja wajib yaitu bimbingan belajar pada anak-anak tingkat Sekolah Dasar berbasis pendekatan pembelajaran Matematika Realistik di Desa Tanjung Bungai 1, demi meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terutama pada matematika. Dengan itu untuk dapat mengenalkan matematika pada tingkat Sekolah Dasar tidaklah mudah, dibutuhkan banyak metode agar anak-anak tingkat Sekolah Dasar dapat denagan mudah untuk menerima dan memahami dalam pembelajaran matematika. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah pendampingan belajar pada anak-anak edukasi pada anak-anak tingkat Sekolah Dasar. Kegiatan ini dapat memberikan nilai positif pada proses pembelajaran pemahaman matematika pada anak-anak khusnya di Desa Tanjung Bungai 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwah telah diperoleh 50% anak-anak Sekolah Dasar sudah menguasai materi yang pernah dipelajari sebelumnya. Pembelajaran matematika Realistik adalah suatu pendekatan yang menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal proses pembelajaran.

 

 

Referensi

Abidin, Zaenal (2006). Layanan Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Peningkatan kualitas proses belajar mengajar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan P3M Stain Purwokerto, 11 (1), 38-48.

Amir, M. F. (2015). Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 159-170.

Gravemeijer, K., & Terwel, J. (2000). Hans Freudenthal : a mathematician on didactics and curriculum theory. Journal of curriculum studies, 32(6), 777-796.

Lahur. F, Wewe. M, Bhoke. W, (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Setting Etnomatematika Ngada Pada Materi Peluang Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Citra Bakti, 1(4), 619-629.

Rawa, N.R., Wewe,M., Wangge, M.C.T., Bela, M.E., Bhoke, W., Bara, F.E., Meo,V., Gelo.O., Kosu, M.B.P., Ngina, M.Y (2021). Pendampingan Bimbingan Belajar Mata Pelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kelurahan Mataloko. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(2), 192-199

Sholahudin, U. (2017) Pelatihan Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Di SDN 03 Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wikarma Parahita, 1 (1), 44-47.

Soemanto, W. (1998) Psikologi Pendidikan, Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta : Rinika Cipta.

Untari, Erny. (2013) Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi 13, no. 01 : 1 - 8.

Umar, A. U. A, Savitri, A. S. N, Pradani, Y. S, Mutohar, Khamid, Nur, (2021) Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 39-44.

Wijaya, Aryadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta :Graha Ilmu.

Diterbitkan

2023-12-07

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 48 times