EDUKASI BELAJAR DENGAN MEDIA ANIMASI PADA ANAK-ANAK SDN 62 BENGKULU SELATAN

Penulis

  • Helpa Yolanda Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Masri Masri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kashardi Kashardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Winda Ramadianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6036

Kata Kunci:

siswa, edukasi, media animasi, pembelajaran

Abstrak

Edukasi belajar dengan media animasi adalah cara untuk memperkenalkan pada anak-anak arti dari belajar dengan menggunkan media animasi, dimana materi akan ditampilkan berupa gambar atau video, suara dan gerak sehingga siswa dapat lebih fokus dan aktif dalam belajar. Kegiatan ini dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif,  meningkatkan minat, dan hasil belajar siswa. Sehingga terciptalah kondisi belajar yang Efektif. SD Negeri 62 ini terletak di Desa Lubuk Ladung yang merupakan salah satu SD negeri yang ada di Kecamatan Kedurang Ilir, Kabupaten Bengkulu Selatan. hasil pengabdian didapatkan siswa semakin memahami arti dari edukasi belajar dengan media animasi melalui sosialisasi yang telah kami laksanakan ini. Pemaparan Materi melalui media animasi Siswa lebih aktif, antusias dan terciptannya suasana belajar yang menyenangkan  Siswa juga lebih mudah dalam memahami materi, lebih jelas melihat gambaran yang dipaparkan dalam materi, serta proses belajar dan mengajar lebih Efektif.

 

 

Referensi

Adyani, Agustini, & Raharjo Dalam Soleh, M. R., Nurajizah, S., & Muryani, S. (2019). Perancangan Animasi Interaktif Prosedur Merawat Peralatan Multimedia Pada Jurusan Multimedia Smk Bps & K Ii Bekasi. 9(September), 138–150. Https://Doi.Org/10.34010/Jati.V9i2

Arsyad, A., & Teori, B. I. K. (N.D.). Bab Ii Kajian Teori. 23–35.

Eka, C., & Wulandari, P. (1830). Dampak Kuliah Kerja Nyata Dalam Pengembangan Keagamaan Bagi Remaja. 5(2), 221–236. Https://Doi.Org/10.29240/Jf.V5i2.1830

Elia Limbong, Virginia Tulenan, Y. D. Y. R. (2017). Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Budaya Passiliran. 10(1).

Fadilah, A., & Kanya, N. A. (2023). Pengertian Media , Tujuan , Fungsi , Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran. 1(2).

Fitri, H. (2016). Edukasi Kimia. 1(1), 19–24.

Lukitasari Et Al Dalam, Bahri, S. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. 4(1), 94–100.

Macoala Dalam A.Muhajir Nasir, H. U. Dan H. I. (2016). 1) 2) 3) 1). 16(2000), 477–488.

Mardiyasa, P., Saputra, A., Wirawan, I. M. A., & Arthana, I. K. R. (2016). Film Animasi Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Pada Kelas Viii Smp Negeri 3 Banjar Tahun Ajaran 2015 / 2016. 5.

Mira, Sabilah, A., Farhan, A., Wahyudi, S., & Lubis, A. (2022). Penerapan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 5(1), 41–44.

Mutia, W. S., & Mulyawati, I. (2021). Volume 8 Nomor 2 Juli 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Melalui Animasi Power Point Terhadap Siswa Kelas V Sdn Parung Panjang 06 8, 351–360.

Novita, L., & Novianty, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. 3(1), 46–53.

Nurmadiah. (2016). Media Pendidikan.

Putra, I. E. (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui. 1(2), 20–25.

Siti Maria Holida, Tuti Alawiyah, H. S. (2014). Pengenalan Aksara Sunda. I(2), 111–122.

Slavin Robert E Dalam Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-Anak Selama Masa Sekolah Dasar. 8(2), 89–100.

Suharjo Dalam Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. 1, 41–49.

Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Effect Animation Media On Student ’ S Learning. 3, 126–137.

Diterbitkan

2023-12-05

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 161 times