PENYULUHAN DUNIA BISNIS BAGI SISWA SD N 02 PAJAR BULAN

Penulis

  • Jepri Ramadansah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ayudho selviani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ahmad Sumarlan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Adi Sismanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6035

Kata Kunci:

siswa, bisnis, kewirausahaan

Abstrak

Kewirausahaan adalah pilihan yang bagus untuk menangani berbagai masalah sosial yang ada baik masalah penganguran, kemiskinan, maupun keterbelakangan sosial lainnya. perluasan nilai-nilai kewirausahan pada anak anak di sekolah bisa dilaksanakan dengan berbagai macam metode, salah satunya ialah melalui cara pembelajaran yang nyata. kaidah yang akan dilakukan ialah cara pendampingan pembelajaran ber-orientasi bagi peserta pembelajaran (siswa siswi ), dengan pemberian materi berisi tiori. Mengenai tahapan dari pelaksaan kegiatan ini adalah memberi sepintas lalu teori tentang penjelasan dan faedah kewirausahaan serta memberikn penguraian tentang dorongan minatt dalam kewirausahaan Para siswa maupun siswi dapat memulai kegiatan usaha dalam ruanglingkup kecil. Pembelajaran ini adalah modal dasar para siswa untuk mengetahui skema kewirausahaan.

 

 

Referensi

Hugo, A.S. 2018. Pelatihan Pembuatan Proposal Rencana Bisnis (Business Plan) Bagi Siswa Madrasah tsanawiyah Nurul Hikmah dan Smp Al-Ihsan guna meningkatkan kemampuan Berwirausaha. Jurnal Abdimas STKIP Siliwangi, vol. 1, No. 2 juli 2018, hal. 81-88

Suryana. 2016. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses menuju sukses edisi 3. Jakarta : Salemba, Jakarta J .Minardi ( 2003 )

Sunarmintyastuti, L., Suprapto, H. A., Sandiar, L., Leksono, A. W., & Widiyarto, S. (2020). penyuluhan kewirausahaan dan pemberdayaan siswa yatim piatu di Ciputat Tangerang Selatan Banten. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 24-29.

Mardikanto, T., 2020. Model-model Pemberdayaan Masyarakat. UNS-Press.

Handayani, Hany (2022). Implementasi program pendidikan nilai-nilai kewirausahaan pada anak usia dini. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Mulyani, Endang. (2020). Pengembangan pendidikan kewirausahaan. Jakarta: Kemendiknas

Diterbitkan

2023-12-04

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 35 times