PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA SD NEGERI 18 BENGKULU SELATAN

Penulis

  • Tiara Amelia Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Zulyan Zulyan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Agung Suhadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6033

Kata Kunci:

karakter, belajar, siswa

Abstrak

Guru merupakan sosok idola bagi anak didik. Keberadaannya sebagai jantung pendidikan tidak bisa dipungkiri. Baik atau buruknya pendidikan tergantung pada gurunya. Dalam konteks pendidikan karakter, peran guru sangat penting sebagai sosok yang diidolakan, serta menjadi sumber inspirasi dan motivasi. Sikap dan perilaku guru akan sangat membekas dalam air dalam seorang siswa, sehingga karakter, ucapan-ucapan, kepribadian, guru menjadi cermin siswa. Guru dan anak didik adalah dua sosok manusia yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan diamana ada guru disitu pasti ada siswa atau anak didik yang ingin belajar dari guru. Karena pendidikan karakter sesungguhnya mempunyai esensi yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Dengan guru yang patut untuk dijadikan teladan. Di kelas III SD Negeri 18 Bengkulu Selatan merupakan salah satu sekolah dasar swasta yang mengimplementasikan pendidikan karakter cinta tanah air dan dalam proses belajar pembelajaran yakni semangat kebangsaan. Pelaksanaan pengabdian dilaksanakan pada pada 21 Agustus 2023 hingga 29 Agustus 2023 dengan diikuti peserta siswa kelas III SD N 18 Bengkulu Selatan sebanyak 30 siswa (16 siswa laki-laki dan 14 siswa Perempuan). Kegiatan ini dilakukan dengan metode pelajaran tatap muka secara langsung kepada para siswa.

 

 

Referensi

Ali, F., Sinaga, Y., Nst, N. H., Nadra, U., & Husna, U. (2022). Issn : 2620-6692 Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Issn : 2620-6692. 05(02).

Di, D., & Pempatan, D. (2022). 1 , 2 , 3 ,. 4(1), 11–16. Erwin. (2021). Peran Bahasa Indonesia Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 38–44. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar

Fatmawati, W. (2020). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Applied Linguistic Review, 2(1), 21–35. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/335

Gunawan, R., Suyitno, S., & Supriyadi, S. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Religius Dan Cinta Tanah Air Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), 331. https://doi.org/10.32332/akademika.v23i2.1238

Hasanudin, C. (2015). Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Pintar Membaca Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa SD Menghadapi MEA. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.84

Jannah, S. R. (n.d.). Model full day school dalam pembentukan karakter religius siswa di smpit roudlotul jannah full day school in forming the religious character of students at smpit roudlotul jannah. 1(3), 263–271.

Magdalena, I., Hadi, R. U., Delilah, S., & Dewi, E. P. (2020). Strategi Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Cikokol 4. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 439–452. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Maimun, M., Sanusi, S., Rusli, Y., & Muthia, H. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Karakter Kebangsaan Melalui Literasi Budaya dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Banda Aceh. CIVICUS : Pendidikan-Kegiatan-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 8. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1789

Maziyah, N., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Analisis Nilai Spiritual dalam Pembentukan Karakter pada Buku Cerita Rakyat Karya Wirodarsono. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 11. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17924

Pekalongan, K., & Sari, R. F. (2021). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Di Sdn. … Jurnal Pendidikan Dasar Dan …, 2(2), 218–226. http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/dwijaloka/article/view/1175

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822

Saverus. (2019). Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?

hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Sintawati, M. A., & Oktaviarini, N. (2018). Analisis Pentingnya Ompetensi Sosial Guru Terhadap Pendidikan Karakter.

Suraya, F., Sulistyarini, & Noor, A. S. (2020). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Cinta Tanah Air Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(4), 1–10.

Diterbitkan

2023-12-02

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 36 times