KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 5 DALAM MENJALANKAN PROGRAM KERJA SDN 99 SELUMA

Penulis

  • Novia Andini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Furqonti Ranidiah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ummul Khair Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Budi Astuti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Marliza Ade Fitri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

Kampus, mengajar, Program, Kerja, Literasi dan Numerasi, di, SDN, 99

Abstrak

Program kampus mengajar angkatan 5 ini merupakan bagian dari program kampus merdeka yang melibatkan mahasiswa diseluruh indonesia untuk membantu proses belajar mengajar disekolah, khususnya untuk jenjang SD, kampus mengajar juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar diluar kampus selama empat bulan. Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggungjawab dalam membantu pihak sekolah pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, membantu administrasi sekolah dan membantu meningkatkan pemahamaman literasi dan numerasi siswa. Dimana yang kita ketahui bahwa kemampuan literasi dan numerasi peserta didik di indonesia masih kurang atau cukup rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat menunjang pengembangan kemampuan peserta didik atau yang biasa disebut dengan menggunakan belajar les tambahan atau (calistung). Penelitian ini berupaya untuk mengetahui peran kampus mengajar dalam peningkatan literasi dan numerasi peserta didik dalam program calistung untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia. Jenis penelitian yang saya ambil ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan dan lokasi penelitian ini dilakukan di SD Negeri 99 Seluma, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Alat untuk mengumpulkan data ini menggunakan cara observasi,wawancara dan dokumentasi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kampus mengajar memiliki peran penting dan sukses menjadi agen perubahan dalam pendidikan yang dibantu oleh mahasiswa dan didukung oleh pihak sekolah dan peserta didik.

Referensi

Aan, W., Saidatul, I., & Kholida, F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.

Arumsari, W., Cahyani, A. T., Monica, A., Sabila, N. H., Zhafirah, H., Septianingsih, E. N. A., & Budi, S. I. K. S. (2022). Peningkatan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi Sekolah dan Softskill dalam Program Kampus Mengajar di SD Negeri Polaman, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 5(1), 18. https://doi.org/10.26714/jsm.5.1.2022.18-25

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Widjanarko, W., Lusiana, Y., Mufrida, F., & Robani, M. E. (2021). Peran mahasiswa sebagai penggerak literasi bahasa dalam program kampus mengajar di sd negeri 02 longkeyang, kabupaten pemalang, provinsi jawa tengah. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni 2021, 1, 237–241.

Diterbitkan

2024-04-02

Terbitan

Bagian

Edisi April Vol 4 No 1 2024
Abstrak viewed = 14 times