PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI MENGGUNAKAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurhasanah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ahmad Junaidi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ahmad Sumarlan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Meilaty Finthariasari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Kampus mengajar, Adaptasi teknologi, Mahasiswa

Abstract

Kampus Mengajar merupakan kanal pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester guna melatih kemampuan menyelesaikan permasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Dalam program ini mahasiswa di SD Negeri 99 Seluma yang bertempat di Desa Datar Aman, Kecamatan Semidang Alas, Kabupaten Seluma bertugas dan bertanggung jawab membantu siswa dalam adaptasi teknologi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran mahasiswa kampus mengajar 5 dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara. Hasil dari program kegiatan ini yaitu dapat menambah pengetahuan bagi siswa SD Negeri 99 Seluma dalam hal adaptasi teknologi. Dalam kegiatan adaptasi teknologi di SD Negeri 99 Seluma masih sangat terbatas sehingga diperlukan lagi tintak lanjut sehingga kegiatan tersebut berdampak lebih panjang. Hasil dari kegiatan adaptasi teknologi yaitu dapat sangat membantu siswa di era globalisasi saat ini. Selain itu, penerapan adaptasi teknologi juga sangat menunjang kemajuan siswa baik dalam literasi maupun numerasi. Siswa di SD Negeri 99 Seluma juga tidak mudah bosan dalam pembelajaran pada saat proses pembelajaran menggunakan adaptasi teknologi.

 

Kata Kunci: kampus mengajar, adaptasi teknologi, mahasiswa

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Arif, M. (2012). T e k n o l o g i P e n d I d I k a n.

D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Enzelina, P., Pangaribuan, F., Tampubolon, S., Rahmatullah, M. I., & Samosir, A. (2022). TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta Meningkatkan Literasi dan Numerasi serta Adaptasi Teknologi di SDN 14 Talang Muandau melalui program Kampus mengajar. 2(2), 78–83. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/tridharmadimas

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Edisi Agustus Vol 3 No 2 2023
Abstract viewed = 84 times