SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 38 NUSA INDAH KOTA BENGKULU

Penulis

  • Inggil kurnia Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Apriza Fitriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Rukiah Lubis Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

Kata Kunci:

Kata Kunci: Sosialisasi, Perilaku, Lingkungan Sekolah, Siswa

Abstrak

Sekolah dasar negeri 38 berlokasi di kelurahan nusa indah kecamatan selebar kota Bengkulu, Adapun masalah yang di hadapi masih kurangnya penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan sekolah dan masih kurangnya fasilitas pendukung. Kegiatan yang dilakukan di SDN 38 yaitu sosialisai Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan sekolah, Kegiatan program kerja yang dilakukan dengan cara observasi wawancara, sosialisasi dan praktik. Tujuan diadakan program ini tentunya ada banyak manfaat yang bisa diraih oleh siswa, guru, hingga warga sekitar sekolah yaitu: 1). Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk giat menjalankan hidup bersih dan sehat. 2). Mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan di masyarakat. Menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 3).Membiasakan murid dan pihak sekolah menjalani pola hidup sehat di lingkungan belajar. 4). Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat agar proses belajar dan mengajar berjalan lancar, serta menjaga kesehatan murid dan warga sekolah. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 13 dan 14 September 2022, adapun kegiatan dulaksanakan sebagai berikut: 1). Observasi melalui wawancara kepada kepala sekolah untuk mengetahui permasalahan dan kendala yang ada di lingkungan sekolah dan mengetahui kegiatan siswa/siswi setiap harinya 2). Melakukan kegiatan pertama yaitu sosialisasi dan menambah wawasan kepada siswa/siswi tentang Pentingnya penerapan perilaku bersih dan sehat dan apasaja penyakit yang dapat di timbulkan akibat tidak menjaga kebrsihan 3). Melakukan kegiatan kedua, praktek cara mencuci tangan menggunakan sabun kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak agar dapat mencegah infeksi virus pada diri sendiri dan orang lain. 4). Siswa dapat menjaga kebersihan diri sendiri dengan cara menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat baik di rumah dan di sekolah sehingga kualitab belajar menjadi lebih baik.

 Kata Kunci: Sosialisasi, Perilaku, Lingkungan Sekolah, Siswa

Referensi

Anik, M. (2013). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Trans Info Media Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik; Penerbit Rineka Cipta: Jakarta Banun,

T.S. (2016). Hubungan antara Pengetahuan PHBS dengan Pola Hidup Sehat Siswa di SD Tamanan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 14. Diakses dari: journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/.../1680. Pada Tanggal 20 April 2017.

Dewi. (2007). Sekolah Anda Sekolah Sehat. Diaksesdarihttp://www.dinkesntt/media/swara20pep/swara20pep20052020for20web.pdf. Pada tanggal 10 April 2017.

Diana, F. M., Susanti, F., & Irfan, A. (2014). Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol. 8, No. 1. p-ISSN : 1978- 3833, e-ISSN: 2442-6725. Diaksesdarijurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/article/view/123/128Pada Tanggal 14 April 2017

Dinkes Jateng. (2015). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015. Semarang.Diaksesdari:dinkesjatengprov.go.id/v2015/dokumen/profil2015/Profil_2015_fix.pdf. Pada Tanggal 20 Maret 2017

Diva, F. 2013. Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa SDN 29 Ulak Karang Padang Tahun 2013.Padang. Politeknik Kemenkes Padang. Diakses dari: https://e-journal.unair.ac.id/PROMKES/article/view/5809. Pada Tanggal 17 Desember 2017

Diterbitkan

2023-06-14

Terbitan

Bagian

Edisi April Vol 3 No 1 2023
Abstrak viewed = 246 times