PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK DI DESA LUBUK RUMBAI

Authors

  • Feni Ranwo universitas muhammadiyah bengkulu
  • Sunaryadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Henni Febriawati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Dalam melakukan personal hygiene harus dilakukan secara baik dan benar agar terwujud kebersihan yang seutuhnya. Salah satunya adalah kebersihan gigi dan mulut pada umumnya. Dalam personal hygiene gigi dan mulut perlu mendapat perhatian yang khusus dan baik sesuai prosedur yang telah ditentukan. Gigi dan mulut sangat perlu diperhatikan kebersihanya, apabila tidak maka akan terjadi infeksi dan kerusakan pada gigi, Kerusakan gigi pada anak juga merupakan masalah gigi nomor satu yang terjadi diantara anak-anak. Penyuluhan ini bertujuan untuk dapat mengubah perilaku individu menjadi lebih baik. Hal ini ditekankan pada aspek kognitif sehingga diharapkan pengetahuan masyarakat tentang kesehtan gigi dan mulut meningkat serta dapat meningkatkan kesadaran dan mengubah periku. Menggosok gigi adalah tindakan yang perlu diajarkan kepada anak-anak sehingga dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik dan sehat. Saat ini kesehatan gigi dan mulut anak di desa lumbuk rumbai masih menjadi masalah yang didominasi oleh penyakit karies gigi serta periodontal. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian yaitu Penyuluhan, memberikan edukasi kepada anak usi 5-7 tahun mengenai Kesehatan Gigi dan Mulut. pemberian edukasi ini menggunakan media menarik agar mudah dipahami oleh anak-anak.

Kata Kunci: penyuluhan, kesehatan, gigi

References

Damafitra, L. (2015). Efektivitas video dan bahasa isyarat sebagai media penyuluhan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak penderita tunarungu.

Depkes, R. I. (2008). Promosi kesehatan di Sekolah. Pusat Promosi Kesehatan.

Fatimatuzzahro, N., Prasetya, R. C., & Amilia, W. (2017). Gambaran perilaku kesehatan gigi anak sekolah dasar di Desa Bangsalsari Kabupaten Jember. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 12(2).

Febriawati, H., Siral, Yanuarti, R., Oktavidiati, E., Wati, N., & Angraini, W. (2023). Pelaksanaan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). CITRA DELIMA : Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 6(2), 105–110. https://doi.org/https://doi.org/10.33862/citradelima.v6i2.296

Hariyani, N., & Setyo, L. (2008). Soedjoko. Mengatasi Kegagalan Penyuluhan Kesehatan Gigi Pada Anak Dengan Pendekatan Psikologi. Dentika Dent J, 13, 80–84.

Maulana, H. D. J. (2009). Promosi Kesehatan Jakarta: EGC.

Mulyati, S. (2013). Praktek Merawat gigi Pada Anak. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(02), 130–135.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan & ilmu perilaku.

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan.

Pakpahan, M., Siregar, D., Susilawaty, A., Tasnim, T., Ramdany, R., Manurung, E. I., Sianturi, E., Tompunu, M. R. G., Sitanggang, Y. F., & Maisyarah, M. (2021). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.

Prasko, P., Santoso, B., & Sutomo, B. (2016). Penyuluhan metode audio visual dan demonstrasi terhadap pengetahuan menyikat gigi pada anak sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2), 53–57.

Putri, R. M., Maemunah, N., & Rahayu, W. (2017). Pemeriksaan pertumbuhan dan personal hygiene anak pra sekolah di ra pesantren al Madaniyah. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 1(1), 55–64.

Riwidikdo, H. (2012). Statistik Kesehatan. Yogyakarta. Mitra Cendikia Press.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Edisi Agustus Vol 3 No 2 2023
Abstract viewed = 71 times