OPTIMALISASI PEMASARAN USAHA MAKARONI PEDAS MELALUI MEDIA SOSIAL DI DESA LESUNG BATU EMPAT LAWANG

Penulis

  • Yusan Feri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sunaryadi Sunaryadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4238

Abstrak

Pemasaran produk melalui media digital bukan hal yang sulit bagi mereka yang menjalankan usaha para era teknologi canggih saat ini.mereka menjalankan bisnis melalui media social atau bisa dibilang pemasaran melalui media digital sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis baik dari segi penjualan dan waktu yang bisa lebih fleksibel. Aakan tetapi Yang perlu diperhatikan lagi yaitu para wirausaha menengah ke bawah terutama para usaha yang belum mengerti tentang dunia digital dan ini merupakan salah satu pokok masalah yang dihadapi oleh para usaha menengah ke bawah di desa lesung batu kabupaten empat lawang.karna kurangnya pengetahuan tentang dunia digital seperti media2 sosial kalaupun mereka tau seperti Facebook dll, akan tetapi hanya digunakan untuk hiburan semata. Kurangnya kesadaran masyarakat bahwa media digital sangat membantu untuk kemajuan usaha bukan hanya untuk hiburan saja terutama pada era modern saat ini, akan tetapi tidak semua belum memahami hanya beberapa wirausaha yang belum mengerti tentang hal itu.dengan adanya potensi ini untuk lebih mengembangkan dan memajukan lagi usahanya masyarakat desa Lesung Batu terutama para pebisnis dapat memajukan dan mengembangkan bisnisnya melalui sistem media digital.

Kata Kunci: pemasaran, makaroni, media sosial

Referensi

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 edisi ke-9. Universitas Diponegoro.

Dewi, G. C. (2019). Dampak Pemakaian Media Sosial Terhadap Perkembangan Usaha Mikro (Studi Pada Usaha Makanan Kaki Lima). Jurnal Manajemen Dan Kearifan Lokal Indonesia, 3(1), 1. https://doi.org/10.26805/jmkli.v3i1.35

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42. https://doi.org/10.24036/sb.0310

Hapsari, A., & Kinseng, R. A. (2018). Hubungan Partisipasi dalam Program Pemberdayaan UMKM dengan Tingkat Kesejahteraan Peserta. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(1), 1–12. https://doi.org/10.29244/jskpm.2.1.1-12

Indriani, W., Purwanto, B., Baiti, N., Listyaningsih, E., & Wuryanti, L. (2017). Pelatihan Strategi Pemasaran Via Sosmed Bagi Pedagang Di Pasar Bambu Kuning Bandar Lampung. Jurnal Bakat (Vakti Masyarakat) Manajemen.

Ramadhan, R. P., Bela, O. L., & Prasetyo, H. D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Makaroni Kriukzz. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(1), 277–281. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i1.153

Tamtelahitu, T. M., Luturmas, A. J., Batlajery, B. V., Augustyn, A. N. A., Komputer, I., Kristen, U., Maluku, I., Kristen, U., & Maluku, I. (2021). Pelatihan Teknik Desain Logo Kemasan, Pengemasan dan Pemasaran Produk di Kelompok Mama Romi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 6–13.

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 2 No 3 2022
Abstrak viewed = 134 times