UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIK SPEAKING GUNA MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI BAGI SISWA SD MUHAMMADIYAH BENGKULU

Penulis

  • Nero Ahmad Azhari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yoga Hosril Pratama Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mufti Surya Adli Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rahmat Jumri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Pahrizal Pahrizal Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Selly Sepika Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4224

Abstrak

Siapa pun dapat berbicara, tetapi hanya sedikit yang dapat menggabungkan kata-kata mereka sehingga menjadi retorika indah yang menarik perhatian pendengarnya. Dalam studi komunikasi, retorika adalah bagian dari komunikasi yang efektif menyampaikan pesan dengan tepat dan dapat dipahami orang khalayak. Ini semua tentang menyampaikan pesan kepada audiens dan menarik perhatian mereka. Faktanya, masih banyak anak muda terutama siswa SD Muhammadiyah yang kurang memiliki keterampilan dan kepercayaan diri berbicara di depan umum. Beberapa alasan ini menjadi solusi untuk  mengadakan pelatihan retorika karena beberapa alasan. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu siswa SD Muhammadiyah akan percaya diri saat tampil di depan umum. Metode ABCD (Asset-Based Community Development) digunakan untuk melaksanakan kegiatan pelatihan ini, pelatihan inovatif dan kreatif dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada siswa. Dari hasil pelatihan dan pengabdian ini adalah : 1) Pertama, siswa dapat berbicara dengan baik dan lancar di depan umum. 2) Kedua, siswa dapat berbicara secara tepat sesuai kebutuhan. 3) Ketiga, siswa memiliki kemampuan MC dan public speaking yang memadai. 4) Keempat, siswa memiliki rasa percaya diri dalam berbicara depan umum.

Kata Kunci: Publik Speaking, Kepercayaan Diri, Siswa

Referensi

Fathoni, T., Asfahani, A., Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Public Speaking Pemuda Sragi Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.581

Indayani, I. (2013). Peranan Pembimbing Kegiatan Public Speaking dan Kepercayaan Diri Siswi di Pesantren Darul Hikmah Medan. 27037, 1–10.

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243–252. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Setyonegoro, A. (2013). HAKIKAT , ALASAN , DAN TUJUAN BERBICARA ( Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa ). 3(1), 67–80.

Sholihah, R. A. (2015). METODE SUGGESTOPEDIA DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN ATAU ROLE PLAYING DALAM. 10(1).

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 2 No 3 2022
Abstrak viewed = 311 times