UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIK SPEAKING GUNA MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI BAGI SISWA SD MUHAMMADIYAH BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4224Abstrak
Siapa pun dapat berbicara, tetapi hanya sedikit yang dapat menggabungkan kata-kata mereka sehingga menjadi retorika indah yang menarik perhatian pendengarnya. Dalam studi komunikasi, retorika adalah bagian dari komunikasi yang efektif menyampaikan pesan dengan tepat dan dapat dipahami orang khalayak. Ini semua tentang menyampaikan pesan kepada audiens dan menarik perhatian mereka. Faktanya, masih banyak anak muda terutama siswa SD Muhammadiyah yang kurang memiliki keterampilan dan kepercayaan diri berbicara di depan umum. Beberapa alasan ini menjadi solusi untuk mengadakan pelatihan retorika karena beberapa alasan. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu siswa SD Muhammadiyah akan percaya diri saat tampil di depan umum. Metode ABCD (Asset-Based Community Development) digunakan untuk melaksanakan kegiatan pelatihan ini, pelatihan inovatif dan kreatif dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada siswa. Dari hasil pelatihan dan pengabdian ini adalah : 1) Pertama, siswa dapat berbicara dengan baik dan lancar di depan umum. 2) Kedua, siswa dapat berbicara secara tepat sesuai kebutuhan. 3) Ketiga, siswa memiliki kemampuan MC dan public speaking yang memadai. 4) Keempat, siswa memiliki rasa percaya diri dalam berbicara depan umum.
Kata Kunci: Publik Speaking, Kepercayaan Diri, Siswa
Referensi
Fathoni, T., Asfahani, A., Munazatun, E., & Setiani, L. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Public Speaking Pemuda Sragi Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.581
Indayani, I. (2013). Peranan Pembimbing Kegiatan Public Speaking dan Kepercayaan Diri Siswi di Pesantren Darul Hikmah Medan. 27037, 1–10.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 243–252. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Setyonegoro, A. (2013). HAKIKAT , ALASAN , DAN TUJUAN BERBICARA ( Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa ). 3(1), 67–80.
Sholihah, R. A. (2015). METODE SUGGESTOPEDIA DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN ATAU ROLE PLAYING DALAM. 10(1).