BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD PADA MATERI PECAHAN DI KELURAHAN PENURUNAN

Penulis

  • Messy Mayori Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Winda Ramadianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Rahmat Jumri Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Risnanosanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Adi Asmara Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Mardiah Syofiana Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di seluruh jenjang pendidikan tingkat SD hingga perguruan tinggi. Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting. Matematika juga sering dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, perlu diadakan bimbingan belajar agar siswa dapat memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan materi pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini menggunakan metode ceramah. Kegiatan bimbingan belajar ini bertujuan supaya siswa – siswi dapat meningkatkan motivasi dan munumbuhkan minat belajar serta dapat mengatasi kesulitan belajar dalam pembelajaran matematika sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Hasil kegiatan bimbingan belajar yang telah dilaksanakan adalah siswa senang dan tumbuh semangat belajar.

Kata Kunci: Pembelajaran, Pecahan, Bimbingan

Referensi

Abidin, Z. (1970). Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 34–48. https://doi.org/10.24090/insania.v11i1.95

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564

Hadi, T., & Irawan, S. (2018). Hubungan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X Sma Kristen 1 Salatiga. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(3), 271–277. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i3.16359

Rawa, N. R., Bela, M. E., & Pegi, M. J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Datar Berbasis Model Learning Cycle 7E Untuk Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 25–37. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.132

Riyanti, R., Sutama, S., & Maryadi, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Matematika di SD Negeri Mangkubumen 83 Surakarta. Jurnal VARIDIKA, 29(1), 65–74. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i1.5150

SUJIWO, D. A. C. (2017). Bimbingan Belajar Matematika Pada Siswa Sd Desa Kalidilem Lumajang. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 41. https://doi.org/10.25273/jta.v2i0.975

Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2017). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 55–66. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.306

Diterbitkan

2023-06-14

Terbitan

Bagian

Edisi April Vol 3 No 1 2023
Abstrak viewed = 216 times