PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR BERBASIS PEMBELAJARAN MATEMATIKAN REALISTIK DI SD NEGERI 067 BENGKULU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.3942Abstrak
Kegiatan pendampingan belajar bagi anak-anak Sekolah Dasar merupakan salah satu program keilmuan Kuliah Kerja Nyata mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu Tahun 2022. Kegiatan ini di laksanakan di SD Negeri 067 Bengkulu Utara, Desa Air Muring, Kecamatan Putri Hijau. Melalui Kuliah Kerja Nyata mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat dan menerapkan pengetahuan akademik yang dipelajari di perguruan tinggi. Salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang selenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Bengkulu melalui kegiatan KKN adalah program bimbingan belajar. Mahasiswa KKN Program Studi Pendidikan Matematika melaksanakan program bimbingan belajar di Sekolah Dasar berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik di masa new normal, demi meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Kegiatan bimbingan belajar justru memberikan nilai positif pada proses belajar anak, new normal ini. Karena adanya perubahan belajar dari daring ke tatap muka. Pembelajaran matematika realistik adalah suatu pendekatan yang menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran.
Kata Kunci: pendampingan belajar, pembelajaran matematika realistik
Referensi
Abidin, Z. (1970). Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 34–48. https://doi.org/10.24090/insania.v11i1.95
Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 01(02), 159–170. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/download/235/150
Bela, M. . (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual untuk materi Sistem Persamaan Linear di kelas X siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 56–75.
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289
Freudenthal, H. (2000). VU Research Portal.
Kreano, J. (2013). Pengembangan Buku Ajar Matematika Tematik Integratif Materi Pengukuran Berat Benda untuk Kelas I SD. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 1–10.
Nanna, A. W. I. (2021). Profil Perbedaan Level Mathematics Anxiety Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 02(02), 132–138.
Rawa, N. R., Wewe, M., Carmelita, M., Wangge, T., Editha, M., Bhoke, W., Bara, F. E., Meo, V., Gelo, O., Bonifasia, M., Kosu, P., & Ngina, M. Y. (2021). Sekolah Dasar Di Kelurahan Mataloko. 2(November), 192–199.
Sholahudin, U. (2017). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di SDN 03 Desa Cimaung Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang. Wikrama Parahita:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 45. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v1i1.383
Umar, A., Savitri, A., Pradani, Y., Mutohat, & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi COVID-19. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–47. www.journal.uta45jakarta.ac.id