PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KELURAHAN PAGAR DEWA
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.3923Abstrak
Sumber daya manusia mempunyai peran penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu organisasi atau instansi dalam rangka mencapai tujuannya. Kantor kelurahan pagar dewa merupakan salah satu instansi pemerintahan yang terletak di kelurahan pagar dewa kecamatan selebar kota Bengkulu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kinerja pegawai negeri sipil yang ada di lingkungan kelurahan pagar dewa. Penelitian PKM ini dilakukan dengan melakukan wawancara langsung, Observasi dan dokumentasi. Berdasarkan indicator Penelitian ini menunjukan ada 4 indikator instrumen pengukuran kinerja terdapat a). Prestasi kerja pegawai dalam hal ini merupakan hasil kerja pegawai dalam menjalankan tugas baik secara kualitas maupun kuantitas kerja, b). keahlian pegawai Kelurahan pagar dewa kota Bengkulu ada beberapa yang memiliki pegawai yang mahir mengoperasikan komputer sehingga bisa bekerja dengan baik, sedangkan pegawai yang keahliannya masih kurang, c) segi perilaku menyangkut kedisiplinan pegawai dapat diketahui dengan melihat daftar hadir apel masuk dan pulang pegawai. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk mendorong dan meningkatkan kinerja disiplin profesionalitas pegawai agar dapat bertanggung jawab atas apa yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas masing- masing.
Kata Kunci: kinerja, pegawai, pelayanan publik
Referensi
Baharuddin, A., & Niswaty, R. (2017). Efektivitas Kinerja Pegawai di Kantor Kelurahan Lanrisang Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. 4(1), 1–6.
Ilham, Nugraha, N., & Amir Tengku Ramly. (2020). 569-1608-1-Pb. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Dimediasi Variabel Motivasi, 9(4), 315–324.
Perspektif, D., & Governance, G. (2019). Evaluasi kinerja pegawai untuk mewujudkan pelayanan publik dalam perspektif good governance. 1(1), 43–57. https://doi.org/10.33474/jisop Putra, D. D.,
Rahmawati, P. (2013). Analisis Kinerja Pegawai Kantor Dinas Kesehatan.
Triyanto, D. (2017). Analisis Kinerja Organisasi Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat. MIMBAR : Jurnal Penelitian Sosial
Astuti, Rahayu Puji, Rina Yuniarti, Ahmad Sumarlan, Subandrio, and Budi Astuti. 2022. “Pendampingan Bimbingan Belajar Dirumah Dimasa Pandemi Desa Purbosari.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) 2 (1): 182–86. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.2930.
Dinata, Candra Kusuma, Surya Ade Saputra, and Selly Sepika. 2022. “Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi Untuk Pembuatan Pupuk Organik/Kompos Di Kelurahan Air Duku Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) 2 (1): 217–23. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.2826.
Renaldi, Muhammad, Ujang Juhardi, Ariski Munandar, Adelia Karolina, and Widia Seprianti. 2022. “Manajemen Pengarsipan Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum (Jdih) Kpu Provisi Bengkulu.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) 2 (2): 224–30. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.3390.