SOSIALISASI E-COMMERCE DI KALANGAN UMKM
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.3917Abstrak
Desa Sukaraja merupakan salah satu Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan yang terletak di perdesaan. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh masayarakat desa sukaraja tentang e-commerce yaitu Sosialisasi ini diikuti oleh 10 (Sepeluh) orang para pelaku UMKM. Tujuan diadakan sosialisai e-commerce pada usaha UMKM Desa Sukaraja adalah untuk membuka pikiran mereka supaya dalam memasaran suatu produk dengan menggunakan e- commerce yang sudah tersedia dan supaya para pelaku usaha UMKM Desa Sukaraja dapat menggunakan teknologi sebaik mungkin dalam bidang pemasaran. Tahap 1: Analisis Kebutuhan, tahap ini dilakukan analisis kebutuhan untuk mengetahui yang menggunakan e-commerce. Tahap 2: Implementasi, tahap implementasi yaitu penerapan aplikasi e- commmerce yang cocok digunakan masyarakat desa sukaraja. Tahap 3: Penerapan, tahap praktek langsung cara menggunakan e-commerce salah satunya menggunaan facebook, dengan mempraktekan secara langsung pada usaha UMKM desa sukaraja. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, pengamatan secara langsung. Para peserta sosialisasi sangat antusias dengan materi dan pemaparan yang disampaikan. Kondisi ini diharapkan dapat memotivasi para pelaku UMKM mempraktekkan ilmu yang didapat, sehingga usahanya semakin berkembang dan dapat bersaing pada pasar yang lebih luas.
Kata Kunci: sosialiasi, e-commerce, umkm
Referensi
Aco, A., & Endang, A. H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 2, 3.
Bupati, K., Selatan, B., Tahun, N., Patan, P. E. N. E. M., Asi, K. U., & An, P. (2018). Bupati bbngkulu selatan provinsi bengkulu. 1–24.
Chaffey. (2016). Global social media research. Smart Insights: Social Media Marketing, 1–13.
Devi, C., & Rusma, M. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63–73.
Eka, W., Lestariana, D. S., & Nanik, S. (2021). Pentingnya E-Commerce bagi UMKM pada Masa Pandemi di RT.03 Kampung Surodadi, Siswodipuran, Boyolali. Jurnal ABDIKMAS UKK, 1(2), 115–121.
Leatemia, S. Y. (2020). ADOPSI E- COMMERCE PADA UMKM DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada UMKM di Kota Ambon). Sosoq, 8(2), 1–11.
Mumtahana, Hani Atun, Nita, S., & Tito, A. W. (2017). khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. Pemanfaatan Web E- Commerce Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran, 3(1), 6–15. http://journals.ums.ac.id/index.php/kh if/article/view/3309/2784
Susanto, A., Sari, C. A., Moses, D. R. I., Rachmawanto, E. H., & Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.64.
Wirdiani, N. K., Sudana, A. A. K. O., Rusjayanthi, N. K. D., & Githa, D. P. (2020). Pelatihan Dan Sosialisasi E- Commerce Usaha Kecil Kuliner Di Kelurahan Padangsambian. Buletin Udayana Mengabdi, 19(1), 106–113. https://doi.org/10.24843/bum.2020.v1 9.i01.p20
Dinata, Candra Kusuma, Surya Ade Saputra, and Selly Sepika. 2022. “Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi Untuk Pembuatan Pupuk Organik/Kompos Di Kelurahan Air Duku Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) 2 (1): 217–23. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.2826.
Yusmaniarti, Fitri Santi, Fenni Lestari Tamsi, Marini, and Hesti Setiorini. 2022. “Sosialisasi Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan.” Dehasen Mengabdi 1 (1): 57–60.
Dinata, Candra Kusuma, Surya Ade Saputra, and Selly Sepika. 2022. “Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi Untuk Pembuatan Pupuk Organik/Kompos Di Kelurahan Air Duku Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) 2 (1): 217–23. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.2826.
Yusmaniarti, Fitri Santi, Fenni Lestari Tamsi, Marini, and Hesti Setiorini. 2022. “Sosialisasi Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan.” Dehasen Mengabdi 1 (1): 57–60.