PENDAMPINGAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 IPUH MUKOMUKO

Penulis

  • Cici Sumarni Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rasman Rasman Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rosidin Rosidin Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mukhlizar Mukhlizar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rekho Adriadi
  • Selvi Riwayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.3899

Abstrak

Banyaknya siswa yang beranggapan bahwa matematika itu pembelajaran yang sulit, adanya faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi minat siswa dalam melaksanakan pembelajaran matematika, Faktor internal terdiri dari aspek fisiologis dan aspek psikologis. Keadaan kondisi tubuh siswa, agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Faktor Eksternal Faktor eksterenal merupakan faktor yang berasal dari luar. Faktor ekternal terdiri dari guru, orang tua, dan lingkungan belajar. upaya yang didapat dlakukan oleh guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa terkait dengan faktor yang melatarbelakangi rendahnya minat belajar siswa dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru antara yaitu dengan menggunakan media pembelajaran dan metode mengajar yang lebih bervariatf. Sehingga akan membuat siswa tertarik dan memilki minat dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: matematika, minat, siswa

Referensi

Dores, Olenggius Jiran, Fatkhan Amirul Huda, and Rusita Riana. 2019. “Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019.” J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika 1(1):38–48. doi: 10.31932/j-pimat.v1i1.408.

Nurul Amalia, Een Unaenah. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” Attadib Journal Of Elementary Education 3(2). doi: 10.47353/bj.v2i1.48.

Pratamawati, Manar Huda Setya, Thamrin Hidayat, Muslimin Ibrahim, and Sri Hartatik. 2021. “Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5):3270–78.

Putri, Bela Bekti Amallia, Arifin Muslim, and Tri Yuliansyah Bintaro. 2019. “Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 5(2). doi: 10.31949/educatio.v5i2.14.

Savira, Annisa’ Ni’ma, Rahma Fatmawati, Muchammad Rozin Z, and Muhammad Eko S. 2018. “Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif.” Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M) 1(1). doi: 10.30762/factor_m.v1i1.963.

Sholehah, Siti Hidayatus, Diana Endah Handayani, and Singgih Adhi Prasetyo. 2018. “Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang.” Mimbar Ilmu 23(3):237–44. doi: 10.23887/mi.v23i3.16494.

Siagian, Muhammad Daut. 2016. “Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika.” MES: Journal of Matematics Education and Science2 2(1):58–67.

Sirait, Erlando Doni. 2016. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(1). doi: 10.30998/formatif.v6i1.750.

Sulistyowati, Sulistyowati, and Fariha Amalia Zulfa. 2021. “Pendampingan Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Matematika Reaslitik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa.” Journal of Empowerment 2(2). doi: 10.35194/je.v2i2.1750.

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 2 No 3 2022
Abstrak viewed = 177 times