LITERASI KEUANGAN MELALUI GEMAR MENABUNG PADA ANAK SEJAK DINI DI SD NEGERI 15 KOTA BENGKULU KELURAHAN TANAH PATAH
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.3106Abstrak
Pengelolaan Keuangan merupakan hal yang penting untuk mengatur keuangan, salah satu yang dapat dilakukan dengan cara menabung. Menabung harus mulai ditanamkan sejak usia dini .Karena tabungan memilki peranan penting di masa depan. Menabung merupakan salah satu cara untuk mengelola uang. Menabung yang paling mudah adalah di rumah karena dapat dilakukan setiap waktu. SD Negeri 15 Kota Bengkulu merupakan salah satu SD Negeri yang ada di Kelurahan Tanah Patah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu yang mayoritas Orangtuanya bermata pencarian sebagai Wiraswasta, PNS, dan Buruh. Anak-anak SD Negeri 15 Kota Bengkulu ini sedikit lebih tertinggal dari SD Negeri lainnya dimana minat orangtua Anak-anak yang kurang terhadap pendidikan terlihat dari minimnya masyarakat yang berpendidikan sarjana. Rendahnya pendidikan berdampak pada kurangnya pemahaman dalam pengelolaan keuangan. Kegiatan Pengabdian kepada masyrakat dilakukan dengan metode ceramah tentang pentingnya menabung, praktik menghiasi celengan untuk tempat menabung, memberikan reward kepada anak- anak yang celengannya paling bagus hiasannya. Hasil dari kegiatan ini anak- anak sangat antusias dan memberikan respon yang positif dengan mendengarkan dan berlomba – lomba menghiasi celengan mereka , sehingga diharapkan terbentuk mental anak yang lebih berhemat dan dapat membelanjakan uang saku yang diberikan oleh orang tua dengan bijak dan rajin menabung.
 Kata Kunci : Literasi  Keuangan, Menabung sejak dini
Referensi
Hariyono, A. (2020). Literasi Keuangan Menabung Sejak Dini Dan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Berbasis Pembukuan Sederhana Pada Bank Sampah Desa Brangkal, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. DedikasiMU(Journal of Community Service), 2(1), 240. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v2i1.1210
Igamo, A. M., & Effendi, A. (2021). Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini di Desa Kota Daro II. 1, 214–218.
Krisdayanthi, A. (2019). Penerapan Financial Parenting (Gemar Menabung) Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1063
Lubis, H. Z., Syahputri, D., Lubis, M. A. A. ., Adelia, N. D., & Maherza, W. (2019). Tingkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Menabung Sejak Dini Di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
meta aridana, pascasarjana unesa. (1375). KONTROL DIRI, PENDIDIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA, PENGETAHUAN INKLUSI KEUANGAN SISWA PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU MENABUNG SISWA SMK SE KOTA KEDIRI. 4(1), 59–75.
Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 Sindimas, 1(1), 279–283.
Nuh, M. (2021). Sosialisasi pentingnya manfaat menabung sejak dini. Dedikasi, 1(1), 119–125.
Nurlaila, R., & Haryono, A. (2021). Penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi keluarga dalam sektor bisnis UMKM di masa pandemi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(8), 784–798. https://doi.org/10.17977/um066v1i82021p784-798
Wibowo, A. (2017). Dampak Pendidikan Kewirausahaan bagi Mahasiswa. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 01(01), 1–14. https://doi.org/10.21632/ajefb.1.1.1-14
Yusmaniarti, Supawanhar , Sri Ekowati, A. Y. (2021). Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Santriwati dalam Pembuatan Aneka Makanan berbasis Ekonomi Kreatif Di Panti Asuhan Kasih Ibu Aisyiyah Kota Bengkuluurnal. INDONESIA RAYA, 2(2), 1–10. http://journal.pdmbengkulu.org/index.php/indonesiaraya/article/view/314/pdf
Yusmaniarti, Yusmaniarti, Sri Ekowati, Uswatun Isnaini Abror, S. (2018). Mengukur minat berwirausaha melalui pendekatan theory of planned behavior dan variabel efikasi diri serta literasi ekonomi (studi pada mahasiswa ptn & pts di kota bengkulu). Seminar Nasional “Dunia Pendidikan Dalam Perubahan Revolusi 4.0,†1(1). https://doi.org/DOI 10.17605/OSF.IO/E7NWZ