LES PRIVAT SAAT PENDEMI DI RUMAH PERUBAHAN SURABAYA BENGKULU

Penulis

  • Peggy Melati Sukma Dewi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Romadhona Kusuma Yudha Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.3072

Abstrak

Pendidikan merupakan tumpuan harapan bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Melalui pendidikan manusia dapat menemukan hal-hal baru yang dapat dikembangkan dan diperoleh untuk menghadapi tantangan yang ada sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam kondisi sekarang Dunia dan salah satunya di Indonesia mendapati dampak dari pandemi Covid-19 dalam bidang pendidikan. Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Akibat pandemi Covid-19 tersebut sehingga pembelajaran dan proses belajar mengajar mengalami kendala. Berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, menghentikan kegiatan pembelajaran baik di sekolah formal maupun informal untuk menekan penyebaran Covid-19. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan alternatif lain agar dapat melakasankan proses belajar mengajar salah satunya membuka les privat. Les privat adalah salah satu cara alternatif melaksanakan proses belajar mengajar dimana Mahasiswa/i KKN sebagai tenaga pendidikan membuka Les Privat di Lingkungan rumah.

Kata Kunci: pendidikan, anak, pembelajaran

Biografi Penulis

Peggy Melati Sukma Dewi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

E,g.,dapartment and rank

Referensi

Sudjana, N. 2003. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Mar’ah, nur K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. UNNES, 445–452.

Minsih, M., Nandang, J. S., & Kurniawan, W. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5(3), 2013–2015.

Ramadhani, S. P., & Supena, A. (2020). Persepsi Orangtua dan Guru terhadap Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19 terhadap Anak Speech Disorder Usia 8 Tahun di Madrasah Ibtidayah. Jurnal Basicedu, 4(4), 1267–1273. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.548.

Diterbitkan

2022-01-31

Terbitan

Bagian

Edisi Januari Vol 2 No 1 2022
Abstrak viewed = 213 times