PENGOLAHAN SAYURAN MENJADI NUGET, MINUMAN JAMU KUNYIT ASAM, MEMBUAT LABEL DALAM PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT BENGKULU TENGAH

Penulis

  • Kiki Fitri Yani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septiana Ningsih Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Tri Sekar Rina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Jayanti Syahfitri Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.2470

Abstrak

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di Bengkulu Tengah terdapat permasalahan yang muncul yaitu: (1) Kurang nya ilmu pengetahuan masyarakat mengenai pemanfaatan sayuran sebagai bahan nuget, (2) Kurangnya ilmu pengetahuan masyarakat terhadap manfaat lain dari  kunyit sebagai minuman jamu, (3) Kurangnya Ilmu Pengetahuan masyarakat terhadap label sebagai alat mempromosikan usaha. Berdasarkan permasalahan-permasalahan di atas kami telah menentukan program kerja sesuai kebutuhan masyarakat di Bengkulu Tengah. Adapun kegiatan yang dilaksanakan sebagai berikut : (1) Menyelenggarakan pelatihan pembuatan nuget sayuran, (2) Menyelenggarakan sosialisasi pembuatan minuman jamu kunyit asam, (3) Penguatan ekonomi masyarakat dengan membuat label  dan mempromosikan usaha mandiri. Hasil yang di dapat yaitu: (1) Masyarakat menjadi lebih paham mengenai pembuatan nuget yang bergizi dengan bahan sayuran, (2) Masyarakat jadi mengerti tanaman kunyit dapat dimanfaatkan sebagai minuman jamu yang sehat, (3) Masyarakat menjadi paham mengenai cara pembuatan label untuk mempromosikan usaha.

Kata Kunci : Sayuran Nuget, Minuman Jamu, Ekonomi Masyarakat

Referensi

Bandini,Y dan Aziz,N. (2001). Bayam. Penebar Swadaya Jakarta.

Ismurdyawati, Hariadie, dan R. Djusmartinah. 2013. Ekonomi Kreatif Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Kampung-Kampung Kota di Kecamatan Gayungan Surabaya. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Kusumo, A. R., Wiyoga, F. Y., Perdana, H. P., Khairunnisa, I., Suhandi, R. I., & Prastika, S. S. (2020). Jamu Tradisional Indonesia: Tingkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Selama Pandemi. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 465. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i2.2020.465-471

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191–202.

Charolina, O., Faridah, F., Supawanhar, S., & Romdana, R. (2020). Upaya Peningkatan Perekonomian Keluarga Melalui Implementasi Kampung Tematik Di Kelurahan Padang Nangka Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(2), 385–392. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i2.949

Sugiarto*, Soliha,A., Ramadhan,F,S,A,M. Sholeh, A. Aji,A. Aris, Gunawan, A. Syahrul,R,M. Prasetia, E, S. Alfayit, A,D. Nurlailah. Lanah, D. & Firda, H. (2021). Upaya Peningkatan Imunitas Masyarakat Terhadap Pandemi Covid19 Delta Melalui Pembuatan Jamu Instan . Vol. 2 | No. 2 , 160-166 .

Supriyadi, E., Merawaty, E. E., Derriawan, D., & Salim, F. (2017). Analisis FaktorFaktor Dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Kecil Menengah Di Tangerang Selatan (Studi Kasus: Ikm Sepatu). Jurnal Kawistara, 7(2), 134–143.

Tsang, G. (2005). Lycopene in tomatoes and Prostate Cancer.

http://repo.unsrat.ac.id/id/eprint/2182

Diterbitkan

2022-01-31

Terbitan

Bagian

Edisi Januari Vol 2 No 1 2022
Abstrak viewed = 221 times