JURNAL ABDIMAS SERAWAI https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS <p style="text-align: justify;">Abdimas Serawai Journal (JAMS) e-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210417132014342" target="_blank" rel="noopener">2776-3064</a> p-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210417232017823" target="_blank" rel="noopener">2776-3072</a> published by the Administration Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Muhammadiyah University of Bengkulu is a peer-reviewed journal which contains scientific articles from various scientific disciplines which are adopted in various community service activities and other applied research. JAMS accepts articles in the field of applied research and downstream results of community-based quantitative and qualitative scientific research into community service formats that cover relevant scientific fields including:</p> <p style="text-align: justify;">1. Fields of study are Public Administration, Public Policy, Public Management, Public Services, Social Affairs, Humanities<br />2. Governance Sector, HRM<br />3. Social, cultural, economic, educational, tourism, language and arts fields<br />4. Health, Food and Sports Policy Sector<br />5. Informatics engineering, information systems and communication science<br />6. Environmental policy area<br />7. Policy fields of Agriculture, Livestock, Fisheries<br />Every manuscript sent to the Abdimas Serawai Journal (JAMS) will be reviewed by experts in the field. This JAMS journal began publication in April 2021, published three times a year (April, August and December). All articles published online in JAMS journals are open to the public. Readers and anyone can read or download without having to subscribe or pay</p> en-US titidarmi@umb.ac.id (Titi Darmi) rahmat@umb.ac.id (Rahmat Jumri) Sun, 27 Apr 2025 20:01:06 +0800 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerapan Teori Warna pada Media Pembelajaran bagi Guru MTs Panca Mukti Bengkulu Tengah https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/8028 <p style="font-weight: 400;">Madrasah Tsanawiyah (MTs) Panca Mukti adalah lembaga pendidikan agama setingkat SMP di bawah naungan Kementerian Agama yang telah terakreditasi A. Pendekatan pendidikan di MTs Panca Mukti didasarkan pada nilai-nilai Islam, dan sekolah ini berlokasi di Desa Panca Mukti, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Desa ini dipilih sebagai lokasi kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan judul "Penerapan Teori Warna pada Media Pembelajaran bagi Guru MTs Panca Mukti Bengkulu Tengah." Proses belajar mengajar di MTs Panca Mukti melibatkan interaksi antara guru dan siswa untuk mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai. Observasi lapangan menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran, terutama yang bersifat visual, perlu ditingkatkan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dengan memperkenalkan dan menguatkan teori praktis mengenai penerapan teori warna pada media pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengelola proses belajar mengajar dengan lebih efektif dan sesuai dengan tuntutan profesionalisme. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini berhasil, ditandai dengan respon positif dari peserta yang antusias mengikuti kegiatan, serta peningkatan pemahaman peserta yang terlihat dari sesi tanya jawab dan diskusi setelah penyampaian materi.</p> Sonde Martadireja, Evi Hafizah Copyright (c) 2025 JURNAL ABDIMAS SERAWAI https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/8028 Sun, 27 Apr 2025 00:00:00 +0800 Peningkatan Keterampilan Menjahit Busana Wanita dengan Menggunakan Metode Dressmaking pada Ibu-Ibu PKK di Kabupaten Semarang https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/8050 <p>Berdasarkan kondisi kelompok PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) di kelurahan Srondol Kulon RT 04/RW 07 Kecamatan Banyumanik, Kabupaten Semarang, terkait dengan keterampilan dasar menjahit cukup memadahi. Kegiatan pendampingan keterampilan menjahit busana wanita dengan metode dressmaking ini dapat mengembangkan keterampilan kelompok ibu-ibu PKK dalam membuat pakaian wanita. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menambah keterampilan menjahit busana wanita, mengisi waktu luang dan menambah penghasilan bagi ibu-ibu PKK. Pelaksanakan pengabdian masyarakat ini berlangsung selama 6 bulan dengan mengoptimalkan program penyuluhan dan pelatihan dengan model pelatihan andragogi yaitu 70% praktik dan 30% teori. Peserta lebih fokus pada aktivitas praktik. Pengoptimalan program tersebut antara lain dengan pembuatan pakaian wanita berdasarkan situasi di lapangan. Memberikan workshop pelatihan dalam pemberdayaaan masyarakat yang meliputi pembuatan pakaian wanita dengan tingkat dasar. Kegiatan pengabdian yang telah dicapai dalam program ini adalah menambah ketrampilan Ibu-Ibu PKK di kelurahan srondol kulon yaitu sebanyak 11 orang dalam membuat pakaian wanita dengan metode dressmaking sebagai pengembangan membuat pola metode dressmaking. Sedangkan luaran yang telah didapatkan adalah Ibu-Ibu PKK di kelurahan Srondol Kulon menghasilkan busana wanita yang dapat di pasarkan di seluruh wilayah Semarang. Akhirnya kelompok PKK yang terdiri dari ibu-ibu mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dari yang sebelumnya tidak bisa menjahit, menjadi bisa menjahit sehingga mengurangi sifat konsumtif di masyarakat.</p> E. Em Kurniasih, Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah, Ronald Jolly Pongantung, Pukky Tetralian Bantining Ngastiti, Enny Dwi Lestariningsing Copyright (c) 2025 JURNAL ABDIMAS SERAWAI https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/8050 Sun, 27 Apr 2025 00:00:00 +0800 Enhancing Community Participation in Village Planning https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/8035 <p><em>This community service activity aimed to strengthen participatory planning processes in Cahaya Negeri Village, Seluma Regency. Lack of community participation in development planning has resulted in programs that are less responsive to local needs and aspirations. The service implemented a three-pronged approach: raising community awareness about the importance of participation, building capacity in communication and decision-making skills, and facilitating participatory planning processes through Focus Group Discussions. The implementation used Participatory Rural Appraisal (PRA) and Community Development models. Results showed increased community awareness regarding their role in village development planning, improved communication skills among participants, and more active engagement in development planning forums. The participatory approach fostered greater community ownership over development programs and improved relations between village administrators and residents. This initiative demonstrates how a well-designed participatory planning facilitation can enhance local democracy, strengthen village governance, and contribute to more sustainable rural development.</em></p> Yorry Hardayani, Jatmiko Yogopriyatno Copyright (c) 2025 JURNAL ABDIMAS SERAWAI https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/8035 Sun, 27 Apr 2025 00:00:00 +0800 Penerapan Kolaborasi antara Pemerintah Desa, Masyarakat dan Akademisi dalam Penguatan Kelembagaan dan Penanaman Pohon https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/8098 <p>Desa Rindu Hati, Kabupaten Bengkulu Tengah, menghadapi tantangan degradasi lingkungan akibat alih fungsi lahan dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam. Di sisi lain, kapasitas kelembagaan desa dalam menginisiasi program berbasis lingkungan masih terbatas. Melalui pendekatan Administrasi Publik, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membangun kolaborasi antara pemerintah desa dan masyarakat dalam program penghijauan sekaligus memperkuat kelembagaan desa agar mampu merancang kebijakan berkelanjutan. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk Mendeskripsikan model sinergi multipihak dalam program penanaman pohon, Menganalisis dampak penguatan kelembagaan desa terhadap partisipasi masyarakat, dan Memberikan rekomendasi kebijakan berbasis temuan lapangan. <strong>Metode </strong>Kegiatan dilaksanakan dengan metode&nbsp;<em>participatory action research</em>&nbsp;(PAR), meliputi: <strong>FGD</strong>&nbsp;dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat untuk identifikasi kebutuhan. <strong>Pelatihan administrasi pengelolaan lingkungan</strong>&nbsp;bagi aparatur desa. <strong>Aksi kolektif penanaman 500 bibit pohon</strong>&nbsp;(produktif dan endemik) melibatkan 100 peserta dan <strong>Pendampingan pembentukan kelompok kerja</strong>&nbsp;(pokja) lingkungan desa. <strong>Hasil dan Temuan Inovatif</strong> yaitu terbentuknya&nbsp;<strong>Pokja Hijau Desa</strong>&nbsp;sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam monitoring lingkungan.</p> Rosidin, Susiyanto, Sri Indarti, Farida Nur Aini Copyright (c) 2025 JURNAL ABDIMAS SERAWAI https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/8098 Tue, 06 May 2025 00:00:00 +0800 Teacher Empowerment through E-Comics to Improve Mathematical Connections in the Harapan Bunda Semarang Learning Community https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/8113 <p><em>The limited variety of learning media and digital assessments is one of the challenges for teachers in improving students' mathematical connections. To overcome this, this community service activity aims to empower junior high school mathematics teachers in the Harapan Bunda Semarang Learning Community in designing e-comics and interactive digital assessments to improve students' mathematical connection skills. The target partners consist of 20 mathematics teachers who are active in the Harapan Bunda Semarang Learning Community. This program is implemented for two months with a participatory training approach consisting of three stages: (1) socialization and mapping of teacher needs, which aims to understand the level of ability and needs of teachers related to digital learning media, (2) training in creating e-comics based on contextual problems that are relevant to junior high school mathematics material, as well as designing digital assessments using the Liveworksheets platform, and (3) direct practical assistance by a team of lecturers and students from the Mathematics Education Study Program, FKIP, Sultan Agung Islamic University. The results of the activity showed an average increase in teacher competency scores of 60% in the posttest compared to the pretest, the quality of the e-comic products produced reached 86% based on the assessment rubric, and an average teacher satisfaction score of 4.7 out of 5. This increase reflects the positive impact of the training in significantly improving teachers' digital skills, while also contributing to efforts to develop more innovative and effective mathematics learning in schools</em></p> Mochamad Abdul Basir, mohamad aminudin, amin suyitno, uswatun khasanah, emilia salma Copyright (c) 2025 JURNAL ABDIMAS SERAWAI https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/8113 Tue, 06 May 2025 00:00:00 +0800