https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/issue/feedJURNAL ABDIMAS SERAWAI2025-12-23T09:55:18+08:00Titi Darmititidarmi@umb.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;">Abdimas Serawai Journal (JAMS) e-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210417132014342" target="_blank" rel="noopener">2776-3064</a> p-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210417232017823" target="_blank" rel="noopener">2776-3072</a> published by the Administration Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Muhammadiyah University of Bengkulu is a peer-reviewed journal which contains scientific articles from various scientific disciplines which are adopted in various community service activities and other applied research. JAMS accepts articles in the field of applied research and downstream results of community-based quantitative and qualitative scientific research into community service formats that cover relevant scientific fields including:</p> <p style="text-align: justify;">1. Fields of study are Public Administration, Public Policy, Public Management, Public Services, Social Affairs, Humanities<br />2. Governance Sector, HRM<br />3. Social, cultural, economic, educational, tourism, language and arts fields<br />4. Health, Food and Sports Policy Sector<br />5. Informatics engineering, information systems and communication science<br />6. Environmental policy area<br />7. Policy fields of Agriculture, Livestock, Fisheries</p> <p style="text-align: justify;">Abdimas Serawai Journal (JAMS) has been <strong>accredited rank 4 (SINTA 4)</strong> based on the Certificate and <a href="https://drive.google.com/file/d/1PBPn66-D_8GldNdbOpmoP5Z2q1drztkz/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener">Decree of the Director General for Strengthening Research and Development Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia No. 10/C/C3/DT.05.00/2025 concerning Rating of Scientific Journal Accreditation Period I of 2025</a>. Accreditation is valid for 5 (three) years, starting from Volume 2 Number 3 of 2022 to Volume 7 Number 2 of 2027.<br />Every manuscript sent to the Abdimas Serawai Journal (JAMS) will be reviewed by experts in the field. This JAMS journal began publication in April 2021, published three times a year (April, August and December). All articles published online in JAMS journals are open to the public. Readers and anyone can read or download without having to subscribe or pay</p>https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/9096Managemen Keperawatan Low Back Pain dengan Extension Exercise Pada Lansia2025-11-06T16:45:41+08:00Aliana Dewialianadewi@binawan.ac.idUlfah Nuraini Karimulfah_karim@yahoo.comErika Lubiserikalubis@binawan.ac.id<p><em>Low Back Pain</em><strong>/ </strong>Nyeri punggung bawah merupakan masalah kesehatan yang signifikan di seluruh dunia, dengan prevalensi seumur hidup sebesar 84% pada populasi orang dewasa umum. Untuk merasionalisasi penanganan <em>Low Back Pain</em>, pedoman praktik klinis telah dikeluarkan di berbagai negara di seluruh dunia. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk memberikan Managemen Keperawatan dalam <em>Low Back Pain</em> dengan <em>Extension Exercise</em> pada lansia di Panti Tresna Werdha Budi Mulia III Ciracas. Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini, penulis melakukan program Praktek Bimbingan profesi dengan tujuan memberikan asuhan keperawatan dan belajar dalam pengabdian masyarakat yang dilaksanakan diluar kampus. Metode yang digunakan yaitu <em>Extension Exercise</em> dan penyuluhan kesehatan serta Demonstrasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa perubahan nyeri yang bermakna dengan pemberian Extension Exercise lansia yaitu dari pre test terdapat 44 % mengalami nyeri berat dan pada post test menurun 0 %. Pada Pre test terdapat nyeri sedang sebesar 56 % dan post test menurun menjadi 18 %. Dari hasil kegiatan disarankan kepada perawat untuk lebih kontinu dalam melaksanakan kegiatan <em>Extension Exercise pada</em> Low Back Pain lansia dan monitoring evaluasi secara berkelanjutan.</p>2025-12-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 JURNAL ABDIMAS SERAWAIhttps://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/8866Edukasi Pengelolaan Sampah terhadap Kesehatan Lingkungan Kampus 2025-08-14T11:50:26+08:00henni febriawatihenni_febriawati@yahoo.comRiana Dewirianadewi@gmail.comZulaikha Agustinawatizulaikhaagustinawati@gmail.comTresna Fatmawatitresnafatmawati@yahoo.comSarkawi Sarkawimustawie@gmail.com<p>Masalah pengelolaan sampah merupakan isu global yang berdampak pada kualitas lingkungan dan kesehatan manusia, termasuk di lingkungan kampus. Kurangnya kesadaran mahasiswa terhadap kebersihan lingkungan menjadi latar belakang dilaksanakannya kegiatan edukasi pengelolaan sampah di STIKES Al-Su’aibah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa terkait pengelolaan sampah yang benar, serta membentuk kebiasaan yang mendukung kesehatan lingkungan kampus. Metode pelaksanaan mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan pendekatan ceramah, diskusi, dan praktik langsung daur ulang sampah. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pada aspek pengetahuan (69,2%), sikap sangat setuju terhadap pengelolaan sampah (61,5%), serta perilaku selalu menjaga kebersihan lingkungan (84,6%). Kesimpulannya, edukasi pengelolaan sampah terbukti meningkatkan kesadaran dan peran aktif mahasiswa dalam menciptakan lingkungan kampus yang sehat. Saran dari kegiatan ini adalah perlunya dukungan berkelanjutan dari institusi pendidikan, seperti penyediaan fasilitas tempat sampah terpilah, kurikulum tematik lingkungan, serta kegiatan rutin edukatif agar kesadaran mahasiswa dapat terus meningkat.</p>2025-12-03T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 JURNAL ABDIMAS SERAWAIhttps://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/9115Penyuluhan Hukum Kepada Murid SMAN 10 Bekasi Mengenai Pengendalian Pencemaran Udara2025-10-22T20:57:18+08:00Liza Evitalizaevita16@gmail.comM. Ryan Bakryryanbakry@yarsi.ac.idM.Kharis Umardanikharisumardani@yarsy.ac.idGilang Ramadhangilangramadhan@yarsy.ac.idPutri Amaria Rputriamaria@yarsy.ac.id<p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p>Pencemaran udara merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang berdampak langsung terhadap kesehatan manusia, kelestarian ekosistem, dan keberlanjutan hidup. Sayangnya, kesadaran generasi muda, khususnya siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), terhadap isu ini masih relatif rendah. Penyuluhan hukum dipilih sebagai pendekatan edukatif untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian siswa terhadap pentingnya pengendalian pencemaran udara. Kegiatan ini menggunakan metode <em>Participatory Action</em> yang melibatkan siswa secara aktif melalui diskusi, tanya jawab, serta simulasi kasus sederhana terkait pencemaran udara dan aspek hukumnya. Materi penyuluhan mencakup pengertian pencemaran udara, dampaknya, serta dasar hukum yang mengaturnya, seperti Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan hak atas lingkungan hidup yang sehat sebagaimana diatur dalam Pasal 28H ayat (1) UUD 1945. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pemahaman siswa pada empat indikator utama, yaitu: pengertian pencemaran udara (peningkatan 83%), dampak pencemaran udara (72%), sumber pencemaran (63%), dan upaya pengendalian pencemaran udara (60%). Dengan demikian, penyuluhan terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa sekaligus menumbuhkan kepedulian terhadap pentingnya menjaga kualitas udara.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Pencemaran Udara, Penyuluhan Hukum, Pengendalian Polusi, Pendidikan Lingkungan.</p>2025-12-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 JURNAL ABDIMAS SERAWAIhttps://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAMS/article/view/9283Implementasi Pembinaan K3 dalam Meningkatkan Profesionalisme Operator Ship Unloader2025-11-01T10:54:09+08:00Wilarso Arsowilarso@sttmcileungsi.ac.id<p>Kegiatan pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi operator <em>ship unloader</em> dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kompetensi dan kesadaran pekerja terhadap penerapan prinsip-prinsip keselamatan di area bongkar muat pelabuhan. Latar belakang kegiatan ini didasari oleh masih tingginya potensi bahaya kerja pada proses <em>unloading</em> material curah, seperti risiko terjepit, jatuh dari ketinggian, serta gangguan mekanis akibat kelalaian operator. Metode kegiatan dilakukan melalui pelatihan kelas dan praktik lapangan, yang meliputi penyampaian teori K3 umum, identifikasi bahaya kerja, prosedur kerja aman (<em>Safe Operating Procedure</em>), penggunaan alat pelindung diri (APD), serta simulasi penanganan keadaan darurat. Evaluasi dilakukan menggunakan <em>pre-test</em>, <em>post-test</em>, serta observasi perilaku kerja selama pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap kompetensi operator. Rata-rata skor pengetahuan K3 meningkat sebesar 30%, keterampilan dalam pemeriksaan pra-operasi dan penerapan prosedur LOTO meningkat, serta perilaku kerja lebih disiplin dan peduli terhadap keselamatan. Operator juga menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam berkoordinasi dan mengambil keputusan aman saat bekerja. Dapat disimpulkan bahwa pembinaan K3 ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja operator <em>ship unloader</em>. Kegiatan ini berkontribusi pada pembentukan budaya keselamatan (<em>safety culture</em>) di lingkungan kerja pelabuhan serta mendukung terciptanya operasi bongkar muat yang aman, efisien, dan berdaya saing tinggi.</p>2025-12-23T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 JURNAL ABDIMAS SERAWAI