Penerapan Aplikasi Canva untuk Media Promosi SD 1 Muhammadiyah Kota Bengkulu

Authors

  • Anisya Sonita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Dwita Deslianti Universitas Pat Petulai, Curup, Rejang Lebong Bengkulu
  • Chindy Erliani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rinni Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Diki Zulfahmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Fikri Ikbal P Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • M Faishal Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jams.v5i2.8000

Keywords:

Canva;, Desain grafis , Efektivitas belajar, Media pembelajaran, Promosi sekolah

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu mitra dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan promosi sekolah dengan memanfaatkan aplikasi Canva sebagai sarana desain grafis yang mudah digunakan. Persoalan yang sering dihadapi tenaga pendidik dalam pembuatan media ajar dan promosi sekolah adalah keterbatasan keterampilan desain serta sulitnya membuat konten yang menarik dan informatif. Upaya untuk memberikan solusi dalam pembuatan konten yang lebih mudah dan menarik adalah dengan menggunakan aplikasi yang menyediakan berbagai template siap pakai. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Canva. Dengan Canva, tenaga pendidik dapat membuat materi ajar yang lebih interaktif, sementara pihak sekolah dapat menyusun konten promosi yang lebih profesional. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, metode yang digunakan adalah diskusi dan pendampingan untuk memetakan kendala yang dihadapi serta memberikan pelatihan dalam penggunaan Canva. Melalui diskusi, dipetakan sejauh mana permasalahan dalam pembuatan konten serta pemanfaatan Canva dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan promosi sekolah. Hasil akhir dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman yang lebih baik dalam penggunaan Canva, mampu membuat desain media ajar yang lebih menarik, serta meningkatkan daya tarik sekolah di mata masyarakat. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan yang tepat, pemanfaatan Canva dapat membantu sekolah dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran serta memperkuat strategi promosi secara lebih profesional dan sistematis.

References

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986

Fazriyah, N., Yulianti, A., & Saraswati, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 104–111. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1697

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology.

Mekariani, & Mudinillah, A. (2021). Penerapan Canva Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar Kelas 5 Rambatan Pada Era Revolusi Industry 4.0. Elementar (Elementary Of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 224–241. Http://Uinjkt.Ac.Id/Index.Php/Elementar

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.

Nurhayaty, E., Pramularso, E. Y., Marginingsih, R., & Susilowati, I. H. (2022). Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 69–77. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10522

Nuryakin, & Firman Pribadi. (2022). Pembuatan Konten Pemasaran Bagi Pengrajin Batik di Desa Jarum Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. Jurnal Abdimas Serawai, 1(3), 9–15. https://doi.org/10.36085/jams.v1i3.4593

Patadungan, E., & Bandaso, S. (2022). Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Pada SMK Pati Di Rantelemo. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 3(2), 161–168.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2).

Rahmasari, E.A., & Yogananti, A. F. “Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain)”. ANDHARUPA : Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), Februari 2021, 165-178. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292

Riki, R., Kremer, H., Suratman, S., Ciptoputra, V. A. A., & Hazriyanto, H. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Peranan Sebagai Sarana Komunikasi dan Promosi Produk. JURNAL CAFETARIA, 4(1), 98–105.

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292–306. Https://Doi.Org/10.23960/Mtk/V9i3.Pp292-306

Suci, I. P., Ramdhan, N. A., & Kunci, K. (2024). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Canva DiSdn. Banjarharja 07 Graphic Design Training Using Canva At Sdn 7 Banjarharjo(Vol. 1, Issue 1).

Surya Ade Saputera, Dandi Sunardi, Sri handayani, & Ahmad Novianto. (2022). Peningkatkan Keterampilan Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Online Bagi Guru dan Siswa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Serawai, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.36085/jams.v1i3.4592

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi pembuatan desain grafis menarik menggunakan aplikasi canva.Jurnal pengabdian masyarakat,2(2), 91-102.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Sonita, A., Dwita Deslianti, Chindy Erliani, Rinni, Diki Zulfahmi, Fikri Ikbal P, & M Faishal. (2025). Penerapan Aplikasi Canva untuk Media Promosi SD 1 Muhammadiyah Kota Bengkulu. JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 5(2), 142–152. https://doi.org/10.36085/jams.v5i2.8000
Abstract viewed = 0 times