BAHAYA PENGUNAAN GADJET DAN GAME ONLINE BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sri Dwi Fajarini Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mukhlizar Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rizki Kelvin Valentin Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jams.v4i2.6566

Abstract

Dengan era digital yang semakin berkembang dan kemajuan teknologi yang semakin cepat, bersama dengan pertumbuhan generasi milenial, yang ditandai dengan pesatnya penggunaan internet dan efeknya pada kehidupan anak-anak. Serta dengan Penggunaan gajget yang dapat mempengaruhi perkembangan siswa dalam hal berinteraksi secara sosial karena jika gadget digunakan terlalu lama dapat menyebabkan perkembangan pribadi yang antisosial. Dimana anak-anak usia sekolah dasar terkadang menggunakan gadjet dan game online sebagai hiburan sehari-hari. Game Online sendiri merupakan Produk atau hasil dari kemajuan teknologi dan informasi yang sangat signifikan. Oleh karena itu, situasi dengan perkembangan teknologi ini memberi dampak terhadap berbagai lapisan masyarakat dan hingga ke seluruh wilayah terpencil tidak kecuali. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan perhatian yang serius dan kebijakan ketika mereka memiliki anak di usia sekolah dasar. Dewasa ini, kecanduan gadget dan game online telah berkembang dengan cepat dan menjadi hal yang biasa. Dampak kemajuan teknologi ini perlu diantisipasi khususnya bagi anak-anak di usia sekolah dasar, salah satunya SD N 72 Rejang Lebong. Dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan yakni sosialiasi mengenai dampak gadjet dan game online ini sangatlah bagus dilaksanakan, dimana setelah kegiatan ini anak usia sekolah dasar mulai timbul pemahaman mengenai dampak yang ditimbulkan dari penggunaan Gadjet dan Game online serta cara menggunakan/memanfaatkan gadget dan game online yang sehat serta produktif.

 

Kata Kunci : Bahaya Gadjet, Game Online, Anak Sekolah Dasar, Dampak

References

Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(2). https://doi.org/10.37385/ceej.v1i2.108

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Penyuluhan Penggunaan Gadget Yang Bijak Dan Aman. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111. https://prosidingonline.iik.ac.id/index.php/senias/article/download/106/104

Budiwati, R., Wulandari, M. D., & Darsinah. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah WahanaPendidikan, 8(13), 394–402. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6962646

Handayani, L., Kusuma, M., Kesehatan Pengasuhan Anak dan Kebutuhan dan Bahaya, E., Sekar Wijaya, C., & Kusuma Dewi, M. (2020). EDUKASI POLA ASUH DAN BAHAYA PENGGUNAAN GADGET. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBB (Vol. 7, Issue 1)

Haq, A. L. A. H., Wulandari, R., Yanti, M. M., Sodiq, F., & Pawestri, A. A. M. (2022). Psikoedukasi untuk Orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran Online Anak TK di Masa Pandemi. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.30872/plakat.v4i1.6367

Hasrianto, N., Susanti, N., Khasanah, U., Harnani, Y., & Pekanbaru, Stik. A. I. (2020). The Use of Smartphone at SDN 014 Sungai Putih Tapung, Kampar District Penggunaan Smartphone pada Siswa Sdn 014 Sungai. JURNAL KESEHATAN KOMUNITAS (JOURNAL OF COMMUNITY HEALTH), 6(September).

Irmawati, & Suhaeb Firdaus W. (2021). Dampak bermain game online pada hasil belajar siswa di SMAN 12 Makassar. Sosialisasi Pendidikan Sosiologi.

Masyani, E. P., & Nusuary, F. M. (2021). Dampak Kecanduan Game Terhadap Perilaku Sosial. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP, 6(2).

Roza, E., Kamayani, M., & Gunawan, P. (2018). Pelatihan Memantau Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal SOLMA, 7(2), 208. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1062

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, A. (2021). “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus.” 3(4), 2132–2140

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 527–533.

Yana, M. (2021). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI ( STUDI KASUS DI TK ELEKRINA KERTAPATI PALEMBANG). PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 78. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.3840

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Fajarini, S. D., Mukhlizar, & Valentin, R. K. (2024). BAHAYA PENGUNAAN GADJET DAN GAME ONLINE BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR. JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 4(2), 58–72. https://doi.org/10.36085/jams.v4i2.6566
Abstract viewed = 87 times