Keberlanjutan Usaha Lemang Tapai Melalui Pendampingan Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.36085/jams.v3i3.5923Abstract
Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memerlukan suatu strategi dalam pemasaran produknya untuk meningkatkan daya saing serta mengembangkan usahanya salah satunya melalui digital marketing agar mempunyai ciri dan dikenal lebih luas. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penguatan kepada industri kreatif masyarakat (UMKM) usaha Lemang Tapai mengenai strategi marketing melalui digital marketing. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah ceramah, diskusi, latihan dalam membuat web. Skema kegiatan terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan penguatan strategi marketing melalui digital marketing ini dilakukan di masjid sungai rupat yang dihadiri oleh 20 peserta dari UMKM Lemang Tapai.
Kegiatan pelatihan dan pendampingan pemasaran digital Tim Pengabdian mempraktekkan mulai dari membuat website, membuat instagram dan membuat facebook, Pelaku Usaha didampingi oleh tim untuk mengakses website,instagram dan facebook melalui akun bisnis
Kegiatan peningkatan usaha melalui pemasaran digital ini akan dilakukan dengan kegiatan pendampingan (monitoring) terhadap apa yang sudah mereka terapkan serta pendampingan jika terjadi kendala dalam pengaplikasian pemasaran produk melalui digital . Kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat untuk pengembangan UMKM Lemang tapai ke depan dalam meningkatkan penjualan dengan strategi pemasaran digital.
References
Chusniyah, Istianatul, and Nilna Fauza. "Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pandemi Bagi Masyarakat." Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2.2 (2022): 138-149.
Fahira, Dinda Nur, Efa Agustina, and Muhammad Qurhtuby. "Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang." Jurnal Pendidikan Tambusai 5.2 (2021): 63-68.
Hapsoro BB, Palupiningdyah, Slamet A. 2019. Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Abdimas 23 (2)
Haryanto, Hery, et al. "Pemasaran Digital untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan pendapatan UMKM JHN Shop Batam." Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 2.2 (2022): 181-186.
Kotler & Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I, E: 13, Jakarta: Erlangga Kotler & Amstrong, Setyo. 2012,
Naimah, Rahmatul Jannatin, et al. "Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM." Jurnal IMPACT: Implementation and Action 2.2 (2020): 119-130.
Nst, Venny Fraya Hartin, et al. "Pendampingan Pemasaran Keripik Ubi Dalam Meningkatkan Penjualan Berbasis Digital Di Desa Marendal 1 Kecamatan Patumbak, Deli Serdang-Sumatera Utara." Jurnal PKM Hablum Minannas 2.1 (2023): 45-52.
Nugrahaningsih, Putri, et al. "Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kewirausahaan dan pemasaran digital pada BUMDES Blulukan Gemilang." Kumawula: jurnal pengabdian kepada masyarakat 4.1 (2021): 8-14.
Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sasongko, Dimas, et al. "Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung." Jurnal Ilmiah Pangabdhi 6.2 (2020): 92-96
Sundari, Sri, and Herwiek Diyah Lestari. "Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan." WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.1 (2022): 94-99..
Wahyudi, Wahyudi, et al. "Mengenal Pemasaran Digital Dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19." Jurnal PKM Manajemen Bisnis 2.1 (2022): 44-53.