Penguatan Modal Sosial Keluarga dalam Kegiatan Mitigasi Bencana di Kelurahan Malabro Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu

Authors

  • Linda Safitra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Susiyanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rifa’i Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hafri Yuliani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eceh Trisna Ayu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jams.v3i3.5897

Keywords:

Penguatan, Modal Sosial Keluarga, Mitigasi Bencana

Abstract

Kegiatan PPM dengan judul penguatan modal sosial keluarga dalam kegiatan mitigasi bencana di Kelurahan Malabro Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu dengan tujuan menguatkan modal sosial keluarga dalam tiga hal yaitu  pertama, persiapan menghadapi bencana, kedua penguatan modal sosial ketika menghadapi bencana, ketiga penguatan modal sosial sesaat setelah terjadinya bencana. Metode ceramah dan praktik merupakan strategi yang dugunakan untuk mencapai tujuan dan sasaran kegiatan PPM. Kegiatan ceramah dilakukan untuk memberikan penjelasan tentang makna modal sosial keluarga, modal sosial yang sudah dimiliki keluarga, modal sosial yang harus dikuatkan, modal sosial yang harus dimoiliki untuk mitigasi bencana serta manfaat modal sosial keluarga dalam mitigasi bencana. Sasaran PPM ini terdiri dari tiga hal yaitu “persiapan dengan modal sosial, mengahadapi dengan modal sosial, serta menangani dengan modal sosial”. Adapun yang menjadi faktor pendukung kegiatan ini adalah adanya penerimaan dan dukungan dari pemerintah Kelurahan Malabro dan keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan PPM. Sementara faktor penghabat bisa dikatakan tidak ada karena hanya berkaitan dengan keterbatasan waktu. Secara keseseluruhan kegiatan PPM ini telah terlaksana dengan baik dan lancar sesuai dengan tujuan yang sudah direncanakan dari awal kegiatan PPM.

References

Ayuni, Q, and M S Neyasyah. 2021. “Urgensi Pembentukan Peraturan Desa Tangguh Bencana Di Desa Karang Anyar, Kabupaten Lebong.” University Of Bengkulu Law Journal 6(1): 99–113. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/ubelaj/article/view/11507.

Devita, A. D. Laksmi, Muhammad Najib, Rezki Awalia, and Vivi Novianti. 2022. “Strategi Mitigasi Bencana Berdasarkan Pemetaan Tingkat Kerentanan Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Dampak Banjir Bandang Di Desa Rogo.” Journal Of Urban ANd Ragional Planing Of Tadulako 1: 1–11.

Findayani, Aprilia. 2019. “Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Banjir Di Kota Semarang.” Jurnal Geografi 12(1): 104–7.

Fintani, Pubita Sasti, Sulistyowati, and Edisantoso. 2013. “Studi Evaluasi Implementasi Perda Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Di Kabupaten Pemalang.” Jurnal Ilmu Pemerintahan 1(1): 1–12.

Hadi, Hasrul, Sri Agustina, and Armin Subhani. 2019. “Penguatan Kesiapsiagaan Stakeholder Dalam Pengurangan Risiko Bencana Alam Gempabumi.” Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi 3(1): 30.

Hanugrah, Alif et al. 2022. “Analisis Bahaya Dan Risiko Bencana Gempa Bumi Di Provinsi Bengkulu Menggunakan Tata Ruang Dan InaRISK.” 6(4): 6917–24.

Kurniadi, Anwar. 2019. “Pemilihan Ibukota Negara Republik Indonesia Baru Berdasarkan Tingkat Kebencanaan.” Jurnal Manajemen Bencana (JMB) 5(2): 1–12.

Linda Safitra, and Lesti Heriyanti. 2019. “Analisis Mitigasi Bencana Melalui Penguatan Modal Sosial Keluarga Di Kelurahan Pondok Besi Kota Bengkulu.” Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) 2(1).

Niode, Dennis F., Yaulie D.Y. Rindengan, and Stanley D.S Karouw. 2016. “Geographical Information System (GIS) Untuk Mitigasi Bencana Alam Banjir Di Kota Manado.” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer 5(2): 14–20.

Nursyabani, Roni Putera Ekha, and kusdarini. 2022. “Mitigasi Bencana Dalam Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Ancaman Gempa Bumi di Universitas Andalas.” JURNAL ILMU ADMINISTRSI NEGARA (AsIAN) 08(02): 81–90.

Pangestu, Septian Dwi, and Muhammad Fedryansyah. 2023. “Implementasi Mitigasi Bencana Alam Berbasis Masyarakat Melalui Kampung Siaga Bencana Di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 6(1): 192.

Perdana, Dionni Ditya, and Rosi L Vini Siregar. 2022. “Komunikasi Mitigasi Bencana Oleh BPBD Provinsi Bengkulu Pada Masyarakat Di Daerah Aliran Sungai Lemau.” 6(1): 91–102.

Wilujeng, Sri Rahayu dan Sukarni Suryaningsih. 2022. “Literasi Bencana Bagi Masyarakat Kadisoka Purwomartani, Kalasan, Sleman.” Jurnal Harmoni 6(October): 218–23.

Downloads

Published

2023-12-23

How to Cite

Linda Safitra, Susiyanto, Rifa’i, Hafri Yuliani, & Eceh Trisna Ayu. (2023). Penguatan Modal Sosial Keluarga dalam Kegiatan Mitigasi Bencana di Kelurahan Malabro Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu . JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 3(3), 139–151. https://doi.org/10.36085/jams.v3i3.5897
Abstract viewed = 54 times