Quizizz application training as an alternative to learning assessment

Authors

  • Ernawati Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Shinta Wahjusaputri Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Hari Setiadi Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Firmansyah Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Rini Yaumi Habibah Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
  • Nur Syarifah Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka

DOI:

https://doi.org/10.36085/jams.v3i3.5548

Keywords:

Quizizz training, Formative Assessment, Competence ICT

Abstract

ABSTRACT

In this new normal era, academics, especially teachers, are required to continue to look for various learning media so that the learning process can continue both face-to-face at school or online. Teachers are also continuously required to develop competencies both in the personal, social, and professional pedagogical realms. Of the four main competencies, there are two core competencies related to the use of technology and information. To develop these abilities, teachers feel the need to study the latest learning media so they can continue to innovate in the learning and assessing process. Competency development in the use of this technology is one of the problems experienced by SDT Pelita Hati. Therefore, to assist teachers in increasing competence in the use of information technology at SDT Pelita, the UHAMKA Community Partnership Program will conduct online assessment media training. Current learning media used during the learning and assessment process can use gamification-based learning media. One of the popular gamification-based learning media is the Quizizz application. Related to this application, PKM SPS UHAMKA held an activity with the topic "Quiziz Application Training as an Alternative Learning Assessment". This activity produces outputs in the form of articles on online media and video publications via YouTube. This activity provides benefits in the form of new knowledge for the participants. According to the participants, the Quizizz application is easy to practice, can increase student enthusiasm, as well as an exciting and fun atmosphere.

ABSTRAK

Di era kenormalan baru ini, sivitas akademika khususnya guru dituntut untuk terus mencari berbagai media pembelajaran agar proses belajar dapat terus dilakukan baik tatap muka disekolah ataupun secara daring. Guru juga terus dituntut mengembangkan kompetensi baik itu diranah pedagogik kepribadian, sosial, dan profesional. Dari keempat kompetensi utama tersebut, terdapat dua kompetensi inti terkait dengan pemanfaatan teknologi dan informasi. Untuk mengembangakan kemampuan tersebut, guru-guru dirasa perlu untuk mempelajari media pembelajaran terkini agar dapat terus berinovasi dalam proses belajar maupun menilai. Pengembangan kompentensi dalam pemanfaatan teknologi ini menjadi salah satu persoalan yang dialami oleh SDT Pelita Hati. Oleh sebab itu, untuk membantu guru dalam peningkatkan kompetensi pemanfaatan teknologi informasi di SDT Pelita, Program Kemitraan Masyarakat UHAMKA akan mengadakan pelatihan media asesmen daring. Media pembelajaran kekinian yang digunakan selama proses pembelajaran maupun penilaian dapat menggunakan media pembelajaran berbasis gamifikasi.  Salah satu media pembelajaran berbasis gamifikasi yang cukup populer adalah aplikasi Quizizz. Terkait dengan aplikasi tersebut, PKM SPS UHAMKA mengadakan kegiatan dengan topik “Pelatihan Aplikasi Quizizz Sebagai Alternatif Asesmen Pembelajaran”. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa artikel pada media daring dan publikasi video melalui youtube. Adapun kegiatan ini memberikan manfaat berupa pengetahuan baru bagi para pesertanya. Menurut para peserta, aplikasi Quizizz mudah dipraktikkan, dapat meningkatkan antusiasme siswa, serta suasana yang seru dan menyenangkan

References

Abubakar, Tanjung, Y., I., Azhar, Z., Prayogi, R. (2021). Implementasi Computer Based Test (CBT) Fisika Modelling Assessment Konseptual Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Bandung (ID): CV Media Sains Indonesia

Ahmad, H, Latif, A, dan Yakin, A. (2021). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Assessment Pembelajaran. Yogyakarta (ID): CV. Nas Media Pustaka

Aqib, Z. & Murtadlo A. (2022). A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif untuk Guru, Dosen, dan Mahasiswa. ID: Penerbit Andi.

Darmi T., Anwar., & Mujtahid, I,M. (2022). Akselerasi pengembangan pembelajaran jarak jauh untuk mahasiswa. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat. Vol 3 nomor 1. Pp. 59-64.

Gunawan, G, dkk. (2021). Adaptasi Pembelajaran Dengan Metode Hybrid Learning. Yogyakarta (ID): Zahir Publishing

Hamidah M. H. dan Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan instrument penilaian berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quizizz. Efisiensi Kajia Ilmu Administrasi, 18(1): 105-124

Herwina, W. (2021). Analisis Model-Model Pelatihan. ID: Bayfa Cendekia Indonesia

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Kemeterian Sekretariat Negara Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Noperman, F. (2022). Inovasi Pembelajaran Dari Ide Kreatif di Kepala Sampai Praktik Inovatif di Kelas. ID: Laksbang Pustaka

Purba, O., N., Rahayu, S., Rasti, I., K., D., dan Damanik. (2022). Media Pembelajaran Quizizz untuk Guru dan Dosen. ID: CV Literasi Nusantara Abadi

Ramadhan, K. P. dan Ardi, H. (2022). Penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran dan asesmen pada materi bahasa inggris. Abdi Humaniora, 3 (1) : 1-14

See, B., H., Gorard, S., Lu B., Dong L., Siddiqui N. (2022). Is technology always helpful?: A critical review of the impact on learning outcomes of education technology in supporting formative assessment in schools, Research Papers in Education, 37 (6): 1064-1096. DOI https://doi.org/10.1080/02671522.2021.1907778.

Syahfitri, J., Muntahanah., & Darmi, T. ( 2023). Sosialisasi Pembuatan Bahan Ajar Digital Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Guru Di Daerah 3T. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal. Vol 6 nomor 3. Pp 451-458.

Wahyujayati, B., B. (2022). Metode Perancangan Rangkuman Teori dan Aplikasi. Sanata Dharma University Press

Yunita, N., P., dan Indrajit, R., E. (2022). Gamification Membuat Belajar Seasyik Bermain Game. Yogyakarta (ID): CV Andi Offset

Yusuf , M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan : Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu. Jakarta (ID) : Rawamangun

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Ernawati, Shinta Wahjusaputri, Hari Setiadi, Firmansyah, Rini Yaumi Habibah, & Syarifah, N. (2023). Quizizz application training as an alternative to learning assessment. JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 3(3), 157–168. https://doi.org/10.36085/jams.v3i3.5548
Abstract viewed = 54 times