Achievement Motivation Training di Panti Kasih Ibu Kota Bengkulu

Authors

  • Sri Indarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ledyawati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jams.v1i1.4549

Keywords:

Achievement Motivation Training

Abstract

Masa pandemic berdampak dalam segenap aktifitas, termasuk komunitas Panti. Perubahan pola belajar  di sekolah formal dan kegiatan  pembinaan serta kegiatan komunitas panti memungkinkan adanya peluang dan tantangan, sesuai dengan amanah pendidikan.. Pengelola panti Kasih Ibu telah menyelenggarakan beragam kegiatan dan pelatihan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan pembekalan warganya.  Peningkatan motivasi bagi anak-anak panti diperlukan untuk meningkatkan motivasi berprestasi dalam aktifitas belajar, pendayagunaan potensi dan bakat, baik  di sekolah dan  di luar sekolah. Kehidupan anak panti berbeda dengan kehidupan dalam keluarga, dimana kebersamaan warga komunitas panti memberikan peluang untuk mengembangkan berbagai peluang belajar, berkarya dan berprestasi sesuai potensi dan bakat, meningkatkan ketrampilan, karakter dan prestasi lain.   Achivement Motivation Training (AMT) pada komunitas panti yang berusia Anak baru Gedhe (ABG) dan remaja, dilaksanakan dengan model dan materi khusus yang sesuai dengan usia dan kondisi mereka. Pelatihan AMT ini difokuskan pada materi Pengenalan diri (who am I),  pendukung dan hambatan motivasi,  goal setting, serta self motivation. Pelatihan ini mendapatkan sambutan antusias dan respon positif dari peserta. Follow up dari pelatihan berupa FGD bersama peserta dan berlanjut dengan pertemuan lanjutan untuk meningkatkan ketrampilan, dengan mengayagunakan waktu dan potensi warga panti

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Indarti, S. ., & Ledyawati. (2022). Achievement Motivation Training di Panti Kasih Ibu Kota Bengkulu. JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.36085/jams.v1i1.4549
Abstract viewed = 39 times