Sistem Informasi Perpustakaan Membantu Guru/Staf dan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar Negeri 73 Kota Bengkulu

Authors

  • Muntahanah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rozali Toyib Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yulia Darnita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Tito Novrialdi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jams.v1i1.4547

Keywords:

Perpustakaan; sekolah; teknologi; komputer

Abstract

Penyelenggaraan perpustakaan sekolah bertujuan untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka, yang diharapkan dapat membantu guru dan siswa menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar, serta menambah wawasan dalam bidang ilmu pengetahuan. Tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca, serta mengembangkan minat untuk mencari, mengelola, dan memanfaatkan informasi. Melalui hasil pengamatan, diketahui bahwa penyelenggaraan perpustakaan di sekolah mitra masih belum mengoptimalkan fungsi perpustakaan sekolah dan bahkan pelayanan perpustakaan juga masih manual, belum elektronik. Berdasarkan permasalahan tersebut, kami mengusulkan salah satu solusi berupa aplikasi perpustakaan berbasis teknologi komputer melalui kegiatan PKM Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pelatihan/Tutorial  ini perpustakaan ini untuk memudahkan dalam operasional perpustakaan untuk guru/staf dan siswa Dari hasil kuisoner yang disebarkan untuk melihat tingkat keberhasilan dari kegiatan yang dilakukan dan pentingnya sistem informasi perpustakaan di sekolah di dapat 81 %-90% setuju dan penting penggunaan dan kegiatannya, Sosialisasi budaya literasi sangat penting bagi siswa ditengah badai dunia digital yang berhubungan kecaduan game online dan perlunya peningkatan prasarana sekolah

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Muntahanah, Toyib, R. ., Darnita, Y. ., & Novrialdi, . T. . (2022). Sistem Informasi Perpustakaan Membantu Guru/Staf dan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar Negeri 73 Kota Bengkulu. JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 1(1), 10–19. https://doi.org/10.36085/jams.v1i1.4547
Abstract viewed = 100 times