PENGARUH PENGGUNAAN ELECTRONIC COMMERCE (E-COMMERCE) DAN FINTECH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Desi Fitria Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Allensha Mezi Reriscie Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jakta.v5i2.6906

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya covid 19 pada tahun 2019-2021 yang berdampak pada perekonomian di Bengkulu yang mulai mengalami kondisi tidak stabil. Para pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan dikarenakan turunnya daya beli masyarakat dan juga disebabkan dengan adanya pembatasan sosial yang dianjurkan pemerintah. Hal yang dapat mempertahankan usaha mereka yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada karena secara tidak langsung ini dapat memperluas pangsa pasar yang berdampak pada pendapatan pelaku UMKM. Dari latarbelakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-commerce dan fintech terhadap peningkatan pendapatan di Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini berjumlah 163 UMKM khusus Makanan yaitu seluruh UMKM di 4 Kecamatan yang ada di Kota Bengkulu yaitu Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Gading Cempaka, Kecamatan Singaran Pati dan Kecamatan Selebar. Metode penarikan sampel adalah teknik Nonprobability Sampling yaitu menggunakan teknik purposive sampling Jumlah sampel penelitian ditentukan dengan rumus slovin sejumlah 33 UMKM berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada responden.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Product And Service). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan. E-Commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan UMKM. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin E-Commerce meningkat, maka akan meningkatkan Pendapatan UMKM. Fintech berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan UMKM.Hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik Fintech, maka akan meningkatkan Pendapatan UMKM dan E-Commerce dan Fintech berpengaruh simultan terhadap peningkatan pendapatan UMKM.

Kata Kunci: Peningkatan Pendapatan, UMKM, E-Commorce, Fintech

References

Badan Pusat Statistik (BPS). (2020). Jumlah UMKM Inonesia. Badan Pusat Statistik (BPS). https://www.bps.go.id/

Cahyono, A. S. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia 194–210. https://doi.org/10.1201/ebk1439811924-14

Candraningrat, I. R., Abundanti, N., Mujiati, N. W., Erlangga, R., & Jhuniantara, I. M. G. (2021). The role of financial technology on development of MSMEs. Accounting, 7(1), 225–230. https://doi.org/10.5267/j.ac.2020.9.014

Catalini, C., & Gans, J. S. (2020). The Economics of Fintech and Digital Currencies. MIT Press.

Damayanti, A., Khotmi, H., & Setiawati, E. (2023). Peran Inovasi Produk , Aspek Keuangan , Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Financial Technology Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Kota Mataram Pendahuluan Pembangunan ekonomi memegang peranan penting dalam meningkatkan pendapatan ekonomi daerah , termasuk k, 1(2), 10–18.

Ella, S. (2022). Pengaruh Word Of Mouth Dan ECommerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Yummy Pie Kota Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Fauzi, I. (2018). analisis faktor faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan usaha mikro nasabah pembiayaan bmt (studi pada bmt at taqwa kemanggisan periode 2017) (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. Sage Publications

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progran IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, Sugeng dan Nurlaela, 2018, Efektifitas Penggunaan Media E-Commerce eeTerhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Depok Dilihat Dari Etika Bisnis” Fakultas Teknik D an Ilmu Komputer, Universitas Insraprasta PGRI

Helmalia dan Afrinawati, 2018, “Pengaruh E-Commerce Tehadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kota Padang” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam , Volume 3 No. 2

Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707–6714.

Indriyati, R. N., & Aisyah, M. N. (2019). Determinan Minat Individu Menggunakan Layanan Financial Technology Dengan Kerangka Innovation Diffusion Theory. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(2), 209–223. https://doi.org/10.21831/nominal.v8i2.26660

Isrososiawan, S., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2019). User mobile payment behavior using technology acceptance model (TAM): Study of" Dana" E-wallet users. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 6(2), 181-192.

Karunianingsih, D. A. (2020). Mediatisasi Jasa Layanan Makanan Melalui Aplikasi GoFood dan GrabFood. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2), 129–142. https://doi.org/10.20422/jpk.v2i23.688

Mulyati, M. (2020). Analisis Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Pada Kpri Pengayoman 1 Lapas Dompu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 225-238.

Noviono, H., & Pelitawati, D. (2019). Pengaruh modal kerja, pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sentra Industri Tas dan koper Tanggulangin. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 5(2).

Nuraryo, I. (2016). Difusi Inovasi “Belanja Daring” di Media Sosial dan Dampaknya Pada Motif Berbisnis di Kalangan Anak Muda. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 50–61.

Nurcahya, Y. A., & Dewi, R. P. (2019). Analisis pengaruh perkembangan fintech dan e-commerce terhadap perekonomian masyarakat. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 5(02).

Nurrohmah, A., & Alfanur, F. (2016). Adopsi E-Commerce Pada Usaha Mikro Dan Kecil Di Bandung ( Studi Kasus Subsektor Fesyen. E-Proceeding of Management, 3(2), 1120–1127.

Pallant, J. (2016). SPSS Survival Manual. Open University Press.

Respatiningsih, H. (2011). Manajemen Kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(1).

Rianty, M., & Rahayu, P. F. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, Vol. 16, N, Hal. 153-167.

Rizal, M., Maulina, E., & Kostini, N. (2018). Fintech As One Of The Financing Solutions For Smes Muhamad. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 24(3), 146–150.

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of Innovations. New York, NY: Free Press.

Rumondang, A., Effendy, F., Simarmata, J., Sudirman, A., & Agustin, T. (2019). Fintech: Inovasi Sistem Keuangan di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.

Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). Pengaruh Transaksi Online (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba Umkm (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 501–509. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i5.228

Sugeng, S. (2018). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 4(1), 143-156.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Suprapti, N. W., & Abidin, Z. (2017). Fintech for financial inclusion in Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 176-189.

Suyanto, S., & Kurniawan, T. A. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Penggunaan FinTech pada UMKM Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(1). https://doi.org/10.31316/akmenika.v16i1.166

Turban, E., King, D., McKay, J., Marshall, P., Lee, J., & Viehland, D. (2017). Electronic Commerce 2018: A Managerial and Social Networks Perspective. Springer.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Winarto, W. W. A. (2020). Peran Fintech dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 61–73. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.132

Yahya, M. F., Pratitha, N. K., & Puspaningtyas, M. (2021). Peran fintech dalam membantu umkm memperoleh modal berwirausaha di era digital. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) (Vol. 1, No. 11).

Yoyo, S., Sofiati, N. A., Yosep, M. A., & Nurdiansyah, B. (2020). Digital Marketing dan Fintech diIndonesia. ANDI

Yusuf, M. (2021). Pengaruh Electronic Commerce ( E- Commerce ) Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada UMKM di Kecamatan Bekasi Utara. Jurnal Akuntansi STEI, 05(01), 19–30.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Volume 5 Nomor 2, Desember 2024
Abstract viewed = 20 times