PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE, NILAI SAHAM DAN LABA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

Authors

  • Ahmad Sumarlan Universitas Muhammad Bengkulu
  • Nabila Farah Fauziah Universitas Muhammad Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jakta.v5i2.6586

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility disclosure, nilai Saham dan laba terhadap nilai saham pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman tahun 2019 hingga 2022. Populasi penelitian ini memiliki 72 perusahaan. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, berjumlah 32 perusahaan dengan periode pengamatan 4 tahun, sehingga jumlah sampel observasi dalam penelitian sebanyak 128. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Variabel independennya adalah corporate social responsibility disclosure yang diukur dengan pengungkapan CSR indeks, nilai saham yang diukur dengan closing price dan laba yang diukur dengan ROE. Variabel dependen adalah nilai perusahaan yang diukur menggunakan PBV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan yang tersedia di www.idx.co.id dan website resmi masing-masing perusahaan. Software IBM statistics 22 digunakan untuk pengolahan data yaitu menganalisis data, melakukan perhitungan statistik baik secara parametrik dan non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility disclosure tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sector makanan dan minuman tahun 2019-2022, nilai saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sector makanan dan minuman tahun 2019-2022, laba berpengaruh positif dan signifikan terhdap perusahaan manufaktur sub sector makanan dan minuman tahun 2019-2022.

Kata Kunci:  Nilai Perusahaan, CSR Disclosure, Nilai Saham, Laba

References

Alfiana, Y., Veronica, A., Yanti, D., Winarsih, W., & Putri, P. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure, Kepemilikan Institusional, Leverage, Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Nilai Perusahaan. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 733–748. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3550

Anggi Mayasari Lubis, Dini Azlina Pane, & Putria Nurjanah. (2022). Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT Toyota Astra Motor). Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 209–228. https://doi.org/10.30640/trending.v1i1.516

Angreini, V., & Nurhayati, I. (2022). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Size, Nilai Saham, Cash Holding, dan Bonus Plan terhadap Perataan Laba. Owner, 6(1), 123–135. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.539

Farida Styaningrum. (2021). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Metode Bsc. Management Analysis Journal, 1(1), 32–43.

Irmalsari, E., Gurendrawati, E., & Muliasari, I. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), dan Corporate Social Responsibility(CSR)TerhadapNilaiPerusahaanDenganUkuranPerusahaan dan Leverage Sebagai VariabelKontrol. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 3(2), 443–460.

Khofifah, D. N., Meiriasari, V., & Pebriani, R. A. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility ( CSR ), Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan ( Studi Pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017 - 2019 ). 3(1), 17–25.

Lesmono, & Andrei, M. (2021). Pengaruh rasio utang, pertumbuhan aset, laba bersih, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada industri tambang di indonesia. 4(2), 371–380.

Shofiani, M., Wa, S. W., & Saputri, N. A. (2022). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Enterprise Risk Managemen terhadap Nilai Perusahaan ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur tahun 2020 ). 4(2), 412–419. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.1979

Uma, R. B. sekaran. (2022). Metodeologi penelitian untuk Bisnis.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Volume 5 Nomor 2, Desember 2024
Abstract viewed = 4 times