PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENABUNG PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BENGKULU

Authors

  • Reka Sintia Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Budi Astuti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yudi Partama Putra
  • Nensi Yuniarti Zs Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jakta.v4i2.5635

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap kepuasan nasabah menabung di Bank Syariah Mandiri cabang Penelitian ini dilaksanakan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bengkulu S. Parman jalan S.Parman No. 62, Padang jati, Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitia ini menggunakan metode survey yaitu mendapatkan data dari tempat yang alamiah melalui kuisioner. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Bengkulu. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa : Kualitas pelayanan (X1) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y), hal ini ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05 dan bagi hasil (X2) berpengaruh terhadapkepuasan nasabah (Y), hal ini ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05. Serta dengan nilai Adjusted R Square sebesar 30,7%.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Bagi Hasildan Kepuasan Nasabah.

References

Aryani, Dwi. dan Rosinta, Febrina. 2011. “Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan”. Jurnal Bisnis dan Birokrasi.

Atmawati, Rustika. dan Wahyuddin, M. 2004. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store di Solo Grand Mall”. DAYA SAING Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol. 5, No. 1.

Azaubin, (2016). Pengaruh Pembiayaan Jual Beli, Pembiayaan Bagi Hasil, Non performing financing (npf), Financing to deposit Ratio (fdr) dan inflasi terhadap profitabilitas bank Umum syariah di Indonesia. Tesis (Dipublikasikan). Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Daulay, Raihanah. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Nasabash Pada Bank Mandiri Syariah di KotaMedan”. Jurnal Riset Akuntasi dan Bisnis.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghazali, G. 2018. Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husein Umar. 2010. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. http://www.syariahmandiri.co.id/category/investor-relation/, diakses pada tanggal 25 Januari 2020. https://www.syariahmandiri.co.id/category/info-perusahaan/profilperusahaan/sejarah/diakses tanggal 27 Januari 2020. https://www.syariahmandiri.co.id/category/info-perusahaan/visi-dan-misi/ diakses tanggal 12 Januari 2020. https://www.syariahmandiri.co.id/category/penghargaan/, diakses pada tanggal 27 Januari 2020.

Karim, Adiwarman A. 2007. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Edisi 3. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 61

Khatimah, Husnul. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah di BRI Syariah Cabang Semarang Pattimura. Jurnal Studi

Kepustakaan Vol 1 No 8.

Kotler & Keller, 2016. Manajemen Pemasaran, Edisi 15, Jilid 1, Jakarta: PT.Indeks

Kusumawati, A. dan Y. T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Mandiri di Samarinda. Borneo Student Research, 2(2), 1446–1459.

Mowen, John C. dan Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 1. Edisi 5.Jakarta: Erlangga.

Ratnasari, Ririn Tri. dan Mastusti. 2011. Aksa, Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rukmini. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, bagi hasil dan keyakinan terhadap keputusan menabung nasabah pada bank sumut syariah capem kota baru marelan.

Sejarah Bank Syariah https://www.bi.go.id/id/perbankan/syariah/Contents/Default.aspx diakses pada hari Selasa, 29 November 2019.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen: Perspektif Kotemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Edisi Revisi. Cet. 4. Jakarta:Kencana Prenada Media Group

Setiawan, Mulyo Budi. dan Ukudi. 2007. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi PadaPD. BPR Bank Pasar Kendal)”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol.14. No.2.

Sofiyanto, Ifik. 2016. “Pengaruh Lokasi, Tingkat Suku Bunga, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Pemilikan Rumah (Studi Empiris Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Semarang)”. Journal Of Management, Vol. 2. No.2.

Sri Nurhayati. 2015. Akuntansi Syariah di Indonesia. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.Bandung : Alfabeta, CV.

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susanti, N., & Syahrian, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Cabang Pondok Pinang). Jurnal Ilmiah Feasible (Jif), 1(1), 55. https://doi.org/10.32493/jfb.v1i1.y2019.p55-62

Sutedi, Adrian. 2009. Perbankan Syariah Tinjauan dan Beberapa Segi Hukum. Edisi Pertama. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Daulay, Raihanah. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Nasabash Pada Bank Mandiri Syariah di Kota Medan”. Jurnal Riset Akuntasi dan Bisnis.

Tuti Hastuti. 2013. Kualitas Pelayanan Dan Pola Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Nasabah Penyimpan Pada Bank Syariah. Jurnal Manajemen dan Akuntansi Volume 2

Siti Holijah 2019. Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Mudharabah. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan

Downloads

Published

2023-12-18

Issue

Section

Volume 4 Nomor 2, Desember 2023
Abstract viewed = 33 times