PENGARUH SERVICE QUALITY DAN PRICE TERHADAP CONSUMER SATISFACTION PADA RUMAH MAKAN LESEHAN WAROENG BAMBU SI KABAYAN KOTA BENGKULU

Authors

  • Reni Indriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Anggita Nabela Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jakta.v4i1.5384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality dan price terhadap customer satisfaction pada Rumah Makan Lesehan Waroeng Bambu Si Kabayan Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 84orang, diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil analisis persamaan regresi linier berganda yaitu: Y = 1.336 + 0.349 X1 + 0.362 X2. Uji t menunjukan bahwa secara parsial variabel service quality berpengaruh signifikan terhadap variabel customer satisfaction(thitung = 5.630 dan Sig = 0.000) dan variabel price berpengaruh signifikan terhadap variabel customer satisfaction (thitung = 5.415 dan Sig = 0.000). Hasil Uji F menunjukan bahwa variabel service quality dan variabel price secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction (Fhitung = 78.507 dan Sig = 0.000).

Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan dan Harga

References

Alma, B. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfeba.

Daryanto. (2018). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (cetakan 2). Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2020). Multivarioate Data Analysis. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2017). Consumer Behavior. New York: Mc Graw Hill.

Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Maramis, F. ., Sepang, J. ., & Soegoto, A. . (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA, 6(3), 1658 – 1667.

Rivai, A. ., & Wahyudi, T. . (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek, Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi. Kalbisocio Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 4(1), 29–37.

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap

Stemvelt, R. . (2019). Reception Of Servis Quality. Massachusetts: Allyn and bacon.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfeba.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.

Widodo, T. ., & Tresna, P. . (2018). Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Pada Pengguna Kartu As Di Stia Yppt Priatim Tasikmalaya). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1).

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Volume 4 Nomor 1, Juni 2023
Abstract viewed = 21 times