ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANG (STUDI KASUS PADA PT. INDOMARCO PRISMATAMA- INDOMARET CAB. BENGKULU)

Authors

  • Wendhy Iriyani Atmaja Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ahmad Sumarlan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Furqonti Ranidiah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Diah Khairiyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jakta.v4i1.4851

Abstract

Sistem akuntansi persediaan memegang peranan penting didalam pengaturan untuk menghindari manipulasi terhadap kekayaan perusahaan khususnya persediaan. Dengan sistem yang baik persediaan yang ada akan terlindungi dari kemungkinan kesalahan pencatatan atau kehilangan persediaan barang dagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sistem akuntansi persediaan barang dagang yang diterapkan pada PT. Indomarco Prismatama Indomaret Cab. Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem akuntansi persediaan barang dagangan pada PT. Indomarco Prismatama Indomaret Cab.Bengkulu telah efektif. Hal ini dapat dilihat dari adanya pemisahan tugas antara unit-unit organisasi dan dalam pencatatan persediaan menggunakan sistem pencatatan perpectual dengan sistem terkomputerisasi dan menggunakan metode penilaian FIFO.

Kata Kunci: sistem akuntansi, persediaan

References

Anoraga, pandji. 2019. Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baridwan, Zaki. 2019. Sistem Informasi Akuntansi (Penyusunan Prosedur dan Metode). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Ikatan Akuntasi Indonesia. 2019. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat Indriantoro, Nur dan Supomo. 2012. Metedologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Ishak, Aulia. 2018. Manajemen Operasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kamaruddin, Ahmad. 2017. Akuntansi Manajemen Dasar-Dasar Konsep Biaya Dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2019. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Krismiaji. 2019. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mardi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Cetakan1. Bogor: Ghalia Indonesia.

Maoleong, J Lexy. 2016. Metedologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mulyadi, 2018, Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Keempat, Jakarta: Salemba Empat.

Nafarin, M, 2014, Akuntansi Pendekatan Siklus dan Pajak Untuk Perusahaan Industri dan Dagang, Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Permana, Dhika. 2015. Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku pada UD. Utama Jati Yogyakarta. Tugas Akhir. Tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Reeve, Warren Fess. 2015. Pengantar Informasi Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana.

Rochaety, Eti.dkk. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Bagian Penerbitan Mitra Wacana: Jakarta. Romney, Marshall B dan Paul John Steinbart. 2019.Accounting Information System. Edisi 11. Salemba

Empat: Jakarta.

Sutabri, Tata. 2015. Sistem Manajemen. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Downloads

Published

2023-06-21

Issue

Section

Volume 4 Nomor 1, Juni 2023
Abstract viewed = 261 times