PENGARUH E-COMMERCE, SOCIAL MEDIA DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA

(Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau)

Authors

  • Riska Irmadha Yeni Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.36085/jakta.v3i2.3864

Abstract

Penelitian ini menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan berwirausaha, yaitu e-commerce, social medial dan penggunaan sistem informasi akuntansi. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan rumus slovin. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 86 orang mahasiswa program studi akuntansi di Universitas Muhammadiyah Riau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce dan social medial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwirausaha. Sedangkan penggunaan sistem informasi akuntansi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan berwirausaha.

Kata kunci: Minat berwirausaha, e-commerce, social media, sistem informasi akuntansi

References

Alexander, V. (2013) ‘Customer Behavior In Tourism And The Influencing Factors Of The Decision Making Process’, Sibiu:Revista Economica.

APJII (2021) ‘Laporan Survei Internet APJII 2019-2020-Q2’. Available at: https://apjii.or.id/content/read/39/521/Laporan-Survei-Internet-APJII-2019-2020-Q2.

Badan Pusat Statistik (2021) Tingkat Pengangguran Terbuka Menurut Provinsi, bps.go.id. Available at: https://www.bps.go.id/indicator/6/543/1/tingkat-pengangguran-terbuka-menurut-provinsi.html.

Barkatullah, A. H. and Teguh, P. (2005) ‘Bisnis e-commerce: studi sistem keamanan dan hukum di Indonesia’.

Bodnar, G. H. and Hopwood, W. S. (2006) Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Andi, Yogyakarta.

Destari, D. L. (2019) ‘Pengaruh Sosial Media Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Ibu Kader Kecamatan Tanjung Morawa’.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamdani, A. (2020) Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Ekspektasi Pendapatan Dan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Kabuhung, M. (2013) ‘Sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas untuk perencanaan dan pengendalian keuangan pada Organisasi nirlaba keagamaan.’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 1.3.

Kasmir (2007) Kewirausahaaan. Jakarta: Raja Graffindo Persada.

Laudon, K. C. and Traver, C. G. (2017) E-Comerse 2016 Business, Tecnology, Society. 12th Ed.En. England: Britis Library Cataloguint-In.

Mantri, B. H. (2007) ‘Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi e-commerce’, Diss. program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Mas’ud Machfoedz and Mahmud Machfoedz (2005) Kewirausahaan Metode, Manajemen, Dan Implementasi. Yogyakarta: BPFE.

Muhiba, F. N. (2020) ‘Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Siswa Menjadi Entrepreneur Kelas Xii Jurusan Rpl Smkn 9 Malang’, Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mulyadi (2001) Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba EMpat.

Nurgiyantoro, S. (2014) PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GARSKIN YANG DIMEDIASI WORD OF MOUTH MARKETING (Studi pada konsumen Produk Garskin Merek Sayhello di Kota Yogyakarta).

Nurmalasari, A. (2018) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan T-Cash Pada Mahasiswa Universitas Islam Yogyakarta.

Philip, K. and Lane, K. K. (2012) Marketing Management. 14th Editi. Pearson.

Pramiswari, D. A. A. and Dharmadiaksa, I. B. (2017) ‘Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha.’, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20.1, pp. 261–289.

Priambodo, M. B. and Ghina, A. (2020) ‘Identifikasi Faktor Pendorong Berwirausaha Setelah Lulus Mata Kuliah Proyek Kewirausahaan (studi Kasus Mahasiswa Mbti 2016 Universitas Telkom).’, eProceedings of Management, 7.3.

Priantinah, D. (2005) ‘Korelasi Sistem Informasi Akuntansi dengan Penilaian Kinerja Manajemen.’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 4.1.

Rai, A., L. S. . and Welker, R. . (2002) ‘Assessing the Validity of IS Success Models’, An Empirical Test and Theoretical Analysis, Information SystemResearch, Vol.13 (1), pp. 29–34.

Rooney, M. . and Steinbart, P. J. (2009) Accounting Information System. New Jersey: Pearson Education.

Sihombing, M. J. and Sulistyo, H. (2021) ‘Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha.’, Jurnal Sosial Sains, 1.4, pp. 309-321.

Sugiarto (2017) Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Andi.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi (2004) Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumerta, I. K. E. Al (2020) ‘Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajeman Perguruan Tinggi Di Kota Denpasar.’, E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9.

Sunarya, P. A. and Saefullah, A. (2011) Kewirausahaan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Susanto, A. (2017) Sistem informasi akuntansi: pemahaman konsep secara terpadu. Bandung: Lingga Jaya.

Suyanto, M. (2003) Strategi periklanan pada e-commerce perusahaan top dunia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Thoyibie, L. (2010) Psikologi Social Media, Komunikasi Indonesia. Available at: http//komunikasi-indonesia.org (Accessed: 2 October 2021).

Tuten, T. L. (2008) Social Media Marketing In A Web 2.0 World. Westport, Conn: Praeger.

Walipah, N. (2016) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Berwirausaha Mahasiswa’, Jurnal Ekonomi Modernisasi, pp. 128–144.

Websindo (2021) ‘Indonesia Digital 2020 : Media Sosial’. Available at: https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/.

Wijaya, D. R. (2015) ‘Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan E Commerce’, Tekhnologi Inf. Pendidik, 8, pp. 103-108.

Wulandari, M. and Sudaryanti, D. (2020) ‘Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pengambilan Keputusan Dalam Berwirausaha Di Sanggam Mart Kabupaten Balangan.’, Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9.04.

Downloads

Published

2022-12-25

Issue

Section

Volume 3 Nomor 2, Desember 2022
Abstract viewed = 1168 times