Peningkatan Pengelolaan Keuangan dan Akuntansi Bumdes Desa Pulau Panggung Kecamatan Talang Empat Bengkulu Tengah

Authors

  • Zahrah Indah Ferina Univesitas DEhasen
  • Siti Hanila UNIVED
  • Yun Fitriano UNIVED
  • Neri Susanti
  • Ahmad Soleh UNIVED

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v3i1.752

Abstract

Terdapat potensi yang dimiliki desa yang selama ini kurang dikelola oleh desa dikarenakan desa belum memiliki modal untuk mengelola pontensi yang ada. Hal ini menjadi salah satu sorotan dari pemerintah pusat. Maka dari itu terbitlah Undang-Undang Desa yang memberikan kesempatan desa untuk mengelola desa itu sendiri secara mandiri dan profesional. Terbetuknya usaha bisnis desa atau biasa disebut Badan Usaha Milik Desa (BUMDes/BUMDesa) diharapkan menjadi cikal bakal penggerak perekonomian ini dengan cara memaksimalkan pengembangan potensi desa yang ada. Akan tetapi timbul masalah selanjutnya yaitu Permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM), masih rendahnya SDM yang dimiliki BUMDes terkait pengelolaan keuangan dan akuntansi BUMDes. BUMDes diharapkan menjadi penggerak perekonomian di desa tersebut, menyerap sebanyak-banyak tenaga kerja untuk warga desa. Untuk itu dosen memiliki kewajiban Tridharma perguruan tinggi, salah satunya melakukan pengabdian kepada masyarakat ini mencoba memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Desa Pulau Panggung sebuah desa yang berada di kecamatan Talang Empat Bengkulu Tengah memiliki potensi yang besar akan tetapi belum dikelola dengan baik. Dengan memberikan lokakarya tentang laporan keuangan dan memberikan pendampingan secara terus menerus kepada desa di harapkan memiliki output pengurus BUMDes yang mumpuni dalam mengelola BUMDes terutama dibidang keuangan. Lokakarya ini memberikan materi tentang laporan keuangan yang sesuai standar akuntansi keuangan yaitu SAK-ETAP.

Author Biography

Zahrah Indah Ferina, Univesitas DEhasen

Fakuktas Ekonomi Prodi Akuntansi UNIVED

References

Chabib Sholeh dan Heru Rochmansjah, 2010, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sebuah Pendekatan Struktural Menuju Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik. Bandung: Fokusmedia

Hidayat Taufik, Pujiati. 2018. Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Lestari Desa Bandung Kecamatan Diwek Jombang. COMVICE, Vol 2 No 1, April 2018.

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2016, Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Dewan Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta.

Yusmaniart, Y., & Ekowati, S. (2019). Laporan Keuangan Koperasi Berbasis Media Excel For Accounting (EFA). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2(1), 127-137.

Published

2020-06-28
Abstract viewed = 327 times