PENINGKATAN BERBAHASA INGGRIS KARYAWAN RESORT DENGAN PENDEKATAN CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL)

Authors

  • Yupika Maryansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ivan Achmad Nurcholis Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ria Angraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Bisnis pariwisata di Kabupaten Kaur Propinsi Bengkulu sedang berkembang pesat, terutama penginapan dan resort. Kabupaten Kaur memiliki banyak pantai yang indah dan populer bagi para wisatawan, terutama untuk bermain surfing. Pangubaian Surfing dan Resort merupakan salah satu pelaku bisnis pariwisata yang menawarkan penginapan dan fasilitas surfing di lokasi pantai yang indah. Namun, kendala dalam komunikasi bahasa Inggris sering dialami oleh karyawan di resort tersebut ketika melayani tamu asing. Bahasa inggris dirasa masih kurang dikuasai oleh karyawan di Pangubaian Surfing dan Resort. Pengelola Pangubaian Surfing dan Resort sering kali mengalami kendala komunikasi jika ada tamu asing yang menginap di penginapan yang ada di resort mereka. Oleh karena itu, dilakukan pelatihan bahasa Inggris untuk pariwisata dengan pendekatan mengajar bahasa Inggris Content and Language Intregrated Learning (CLIL). Pendekatan ini cocok digunakan dalam pengajaran para karyawan karena materi dikemas secara apik antara teori dan praktik bahasa. Setelah pelatihan dilaksanakan, terlihat peningkatan kemampuan berbahasa Inggris para karyawan di Pangubaian Surf Resort. Dengan kemampuan berbahasa Inggris yang meningkat, mereka akan semakin percaya diri dalam melayani tamu asing yang datang ke tempat mereka. Pada akhirnya, kemampuan dan kepercayaan diri mereka akan ikut meningkatkan mutu layanan perusahaan mereka.

Kata Kunci: Peningkatan berbahasa inggris, karyawan resort, CLIL.

 

References

Clement, A., & Murugavel, T. (2018). This paper has been published in the journal The English Classroom. 20(1), 1–15.

Kamumu, N., Laksono, K., Mintowati, M., & Nurhadi, D. (2022). Content and Language Integrated Learning ( CLIL ) dalam Kurikulum ABEKA Sekolah Internasional. 13(2), 505–515.

Lubis, S., Wahyudin, D., & Rusman. (2020). Implementasi Kurikulum Berbasis English For Specific Purposes Pada Mahasiswa Batam Tourism Polytechnic ( BTP ). Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(1), 19–24.

Rido, A. (2020). English for University Graduate Employability: Students and Employers’ Voices. 430(Conaplin 2019), 6–10. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200406.002

Safitri, I. N., Nouval, A., Rahayu, E. L., Lestari, P. Y., Kartikasari, P. B., & Handayani, T. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Bidang Hospitality Untuk Waiter dan Waitress di The Shalimar Boutique Hotel Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 218–225. https://doi.org/10.33795/jabdimas.v9i2.204

Srinivas Rao, P. (2019). The Effective use of Authentic Materials in the English Language Classrooms. Shanlax International Journal of Arts, Science and Humanities, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.34293/sijash.v7i1.556

Downloads

Published

2022-04-12
Abstract viewed = 59 times