GERAKAN BANQUE D’ORDURES (BANK SAMPAH) DEMI MASYARAKAT MAJU DAN DONASI PEMBAGIAN MASKER DAN HANDSANITIZER SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TERHADAP COVID-19 DI DESA RINDU HATI BENGKULU TENGAH

Authors

  • Dwi Dominica Universitas Bengkulu
  • Agung Giri Samudra Universitas Bengkulu
  • Dian Handayani Universitas Bengkulu
  • Tya Chalifatul Maulina Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i2.3549

Abstract

Dalam menjaga dan melestarikan lingkungan yang bersih dan sehat serta tetap mematuhi protocol kesehatan dalam suasana pandemic Covid-19 dilingkungan wisata salah satunya dengan penggunaa masker dan hansanitizer serta menyiapkan tempat pengolahan sampah yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi bagi masyarakat. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini kami buat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan membangun  kreatifitas masyarakat untuk mencari pekerjaan dan mendapatkan kehidupan yang layak demi masyarakat maju. Serta bertujuan memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19 di tempat wisata khususnya di Desa Rindu Hati salah satunya meningkatkan kepatuhan masyarakat dengan tetap menggunakan masker dan selalu cuci tangan atau menggunakan handsanitizer di tempat umum. Metode dan Proses pelaksanaan kegiatan pengabdian melalui beberapa tahap yang digunakan pada kegiatan ini adalah:, yaitu: Sosialisasi, Pemberian bank sampah dan masker serta handsanitizer, Tahap Aplikasi. Indikator keberhasilan dari tahap ini adalah berkurangnya sampah yang berserakan dan adanya bank sampah pada beberapa titik tempat wisata, dan berkurangnya penyebaran covid-19 terutama ditempat wisata Desa Rindu Hati Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kata Kunci:  Banque D’ordures, Masker, Handsanitizer, pengabdian masyarakat

References

Artiningsih, N.K.A. (2008). Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (Studi Kasus Di Sampangan dan Jombang, Kota Semarang). Doctoral Dissertation, Program Pascasarjana Universitas Diponogoro.

Chandra, B. (2006). Pengantar Kesehatan Lingkungan, Cetakan pertama. Jakarta: Penerbit buku Kedokteran EGC.

Karya, D.J.C. (2017). Petunjuk Teknis TPS 3R. Kementrian PUPR. Direktoral Jendral Cipta Karya. Jakarta: Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman.

Keraf, S. A. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Buku Kompas.

Nomor, U.U.R.I. (18). (2008). Tentang Pengolahan Sampah.

Sucipto, C. D. (2012). Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Sudiro, S., Setyawan, A., dan Nulhakim, L. (2018). Model Pengelolaan Sampah Pemukiman ddi Kelurahan Tanjung Sekat Kota Malang. Plano Madani: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 7(1), 106-117.

Sudirman, F.A., dan Phradiansah, P. (2019). Tinjauan Implementasi Pembangunan Berkelanjutan Pengolahan Sampah Kota Kendari. Sospol: Jurnal Sosiai Politik, 5(2), 291-305.

Sulistiyono, F.O. (2021). Kebijakan Pemerintahan Kabupaten Jember Terhadap Pengelolaan Sampah Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Nengri Nomor 33 Tahun 2010 Tentang Pengolahan Sampah. (Doctoral, Dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember.

Downloads

Published

2022-08-31
Abstract viewed = 71 times