PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS DIGITAL DI KAMPUNG SRI RAHAYU BINAAN LEMBAGA PUSAT STUDI DAKWAH KOMUNITAS (PSDK) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Authors

  • Feri Wibowo Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Agung Purwo Wicaksono Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ridho Muktiadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Abid Yanuar Badharudin Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Mukhlis Prasetyo Aji Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Muhammad Hamka Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Maulida Ayu Fitriani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Teguh Marhendi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ermadi Satriya Wijaya Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Harjono Harjono Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Achmad Fauzan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i2.3498

Abstract

Wilayah Kampung Sri Rahayu memiliki stigma negatif yang melekat pada mereka karena wilayah ini identik dengan warganya yang berprofesi sebagai pengemis, pengamen, dan para gelandangan. Mulai tahun 2019 bulan November diinisiasi untuk dilakukan proses pembinanan di bawah Pusat Studi Dakwah Komunitas (PSDK) Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Ada beberapa kegiatan yang sudah berjalan untuk memberikan pembinaan ter hadap warga binaan, seperti pengajian rutin dengan tema akidah, akhlaq, dan muammalah. Kegiatan produktif seperti menjahit, belajar menernak ikan lele juga sudah dilakukan secara rutin. Selain itu juga diadakan kegiatan – kegiatan yang menyasar ke anak-anak kecil dan remaja seperti kegiatan belajar mengaji Al-Qur’an atau TPQ. Tujuan dari program pengembangan desa mitra ini adalah memberikan pelatihan-pelatihan komputer secara intensif dengan materi yang disusun secara bertahap den gan materi utama adalah pelatihan pengenalan komputer dan aplikasi dasar komputer, pelatihan desain grafis, dan pelatihan internet marketing. Selain itu juga akan dibangun sebuah sistem website sebagai profil dari Kampung Sri Rahayu-PSDK UMP, sekaligus sebagai wadah untuk mengenalkan dan memasarkan produk-produk yang meraka hasilkan. Metode pelaksanaan pada program ini mengguanakan 5 tahapan kegiatan yaitu tahap analisis kebutuhan mitra, penerapan rangkaian pelatihan, pembuatan media promosi dan profil, seminar motivasi digital marketing, dan terakhir evaluasi. Pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan telah menghasilkan beberapa media digital yang digunakan sebagai media promosi produk PSDK UMP Kampung Sri Rahayu seperti akun di media Instagram, Youtube, dan Shopee. Selain itu juga telah terbangun dua buah website yaitu website profil PSDK UMP Kampung Sri Rahayu, dan website etalase yang digunakan untuk memajang semua produk yang dihasilkan oleh warga binaan PSDK UMP.

Kata Kunci: Pemberdayaan, Ekonomi Digital, Komunitas

References

Arianto, T., Yulinda, A. T., & Kusuma, M. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Lokal Kopi Kitto Melalui Peran Bumdes Durian Indah Desa Pelangkian Kab. Kepahiang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 4(3), 626–633. https://doi.org/https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i3.1545

Banyumas, R. (2015). Sri Rahayu, Kampung Kumuh di Tengah Kota. https://radarbanyumas.co.id/sri-rahayu-kampung-kumuh-di-tengah-kota/

Herianingrum, S., Rusmita, S. A., & Rani, L. N. (2022). Diversitas Marketing dengan Praktek SEO pada Produk Bisnis di Pondok Pesantren Ploso, Mojo Kediri. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 69. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i1.6923

Marliana, R. R., Sejati, W., Nisa, W. A., Pujayanti, U., Sopian, R., & Noergana, W. (2022). Rancang Bangun Website Desa Citengah untuk Pengembangan Promosi Potensi Desa. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 193. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i1.7667

Masrukin. et al. (2019). Kajian Tentang Konsep Kewirausahaan Sosisal Sebagai Modal Simbolik Masyarakat Banyumas untuk Mengelola Penanganan Kampung Kumuh “Sri Rahayu.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers.

Murdjito, G. (2012). Metoda Pengabdian Pada Masyarakat, Pelatihan Metodolgi Pengabdian kepada Masyarakat. slideshare.net

Na’imah, T., Wibowo, F., & Dwiyanti, R. (2021). Participatory Rural Appraisal: A Creativity Improvement to Create Online Marketing Media. Ijassjournal.Com, 4(3), 209–213. https://www.ijassjournal.com/2021/V4I3/4146575649.pdf

Saputera, S. A., Handayani, S., & Pradityo, R. (2021). Sosialisasi Internet Sehat dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Desa Tanjung Agung Palik Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 4(3), 670–675.

Published

2022-08-25
Abstract viewed = 158 times