SHORT COURSE STATISTIKA ELEMENTER DENGAN SOFTWARE SPSS BAGI MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU

Authors

  • Nurul Hidayati Universitas Bengkulu
  • Septri Damayanti Universitas Bengkulu
  • Dian Agustina Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i2.3357

Abstract

Kegiatan pengolahan data pada sebagian besar orang, menjadi beban atau momok yang menyebabkan orang tersebut kesulitan dan kebingungan dalam menyelesaikan penelitian. Pengolahan data statistik berkaitan dengan teori alat-alat analisis statistik, kapan alat statistik digunakan, perumusan model matematis, kriteria pengujian hasil analisis, teknis pengolahannya dengan program statistik, dan pembacaan hasil interpretasi hasil statistik. Salah satu aplikasi statistik berbasis komputer, yaitu SPSS yang merupakan program komputer yang paling banyak digunakan untuk analisis statistika. Penggunaan aplikasi SPSS dikalangan mahasiswa bukan sesuatu hal yang baru, tetapi fakta yang ada dilapangan banyak mahasiswa yang masih belum mengerti, memmahami pengoperasian program SPSS ini. Sebagian besar mereka masih memerlukan bantuan orang lain untuk mengolah data, baik itu dari jasa pengolhan data, mauun dari teman sebaya.  Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang program SPSS, kemampuan mahasiswa yang tidak merata, tidak memahami dan mengerti dalam menginstall dan mengoperasikan program SPSS di komputer dan Laptop, kurangnya rasa percaya diri mahasiswa dalam mengoperasikan program, serta adanya beberapa anggapan mahasiswa bahwa yang memulai penggunaan SPSS haruslah melakukan kursus. Untuk mengatasi permasalahan dikalangan mahasiswa terhadap pengoperasian SPSS, maka upaya yang dilakukan oleh tim pengabdi  adalah dengan mewujudkan sebuah pelatihan yang dinamakan “Short Course Statistika Elementer dengan Software SPSS bagi Mahasiswa Institut Agama Islam (IAIN) Bengkulu. Hasil evaluasi yang dilakukan pada awal dan akhir kegiatan pelatihan diperoleh nilai rata-rata pos-test dari total 31 peserta pelatihan adalah 50, dengan nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah 10. Nilai rata-rata pre test dan pos test terjadi kenaikan sebesar 6,8. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan pelatihan ini cukup berhasil dalam menambah wawasan, ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi peserta pelatihan tentang program SPSS dan pengoperasian programnya.  

Kata Kunci: data, statistik, short course, SPSS  

References

Fauziah, F. and Karhab, R.S. (2019) ‘Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi SPSS Pada Mahasiswa’, Jurnal Pesut : Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), pp. 129–136.

Ismail, R. and Safitri, F. (2021) ‘Peningkatan Kemampuan Analisa Data Tugas Akhir Mahasiswa Melalui Pelatihan Program Smartpls’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), pp. 3576–3590. Available at: https://doi.org/10.31764/jmm.v3i2.1196.

Kiha, E.K. and Nafanu, S. (2019) ‘Pelatihan Pengolahan Data Statistik Dengan Menggunakan Aplikasi Program Spss Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Timor Demi Meningkatkan Kualitaskarya Ilmiah Mahasisa’, YAYASAN AKRAB PEKANBARU Jurnal AKRAB JUARA Volume 4 Nomor 1 Edisi Februari 2019, 4, pp. 12–26. Available at: http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/438.

Kusuma, A. and Rakhman, A. (2017) ‘Peningkatan Keterampilan Olah Data (SPSS) Pada Mahasiswa DIII Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(1), pp. 49–54. Available at: https://doi.org/10.30591/japhb.v1i1.688.

Purba, D.S. et al. (2021) ‘Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Di Masa Pandemi Covid 19’, Jurnal Karya Abadi, 5, pp. 5–24.

Tuli, H. (2021) Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri 2021 Lembaga Penelitian Dan Pengabdian ( LPPM ). UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO.

Published

2022-08-31
Abstract viewed = 57 times