UPAYA PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK DAN KEUNTUNGAN USAHA PADA UMKM DI DESA GENTING TANAH KALIMATAN TIMUR

Authors

  • Yesi Aprianti Universitas Mulawarman https://orcid.org/0000-0002-2152-2647
  • Ulfa Anisun Universitas Mulawarman
  • Apida Laila Universitas Mulawarman
  • Binrianur Riska Universitas Mulawarman
  • Rahmat Rahmat Universitas Mulawarman
  • Verani Verani Universitas Mulawarman
  • Muhammad Maulana Universitas Mulawarman

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan pemasaran produk UMKM di Desa Genting Tanah dengan strategi pemasaran yang tepat supaya mampu bersaing di pasar kompetitif dan meningkatkan pengembangan manajemen keuangan UMKM dalam peningkatan pendapatan dengan manajemen keuangan yang baik. Kasus pada UMKM di Desa Genting adalah produk dijual masih dalam pada pasar yang kecil yaitu di lingkungan desa, sehingga UMKM tidak mengalami peningkatan baik dari skala kreatifitas produuk, pangsa pasar dan profit usaha. Metode yang digunakan adalah Bimbingan Teknologi (Bimtek) melalui media video edukasi dan pendampingan pembuatan laporan keuangan. Melalui metode tersebut pemasaran yang dilakukan oleh pelaku UMKM lebih modern dan lebih variatif serta inovatif, sehingga memperluas jangakauan pemasaran produk. Hasil dari serangkaian proses kegiatan yaitu pelaku UMKM mampu memahami pemasaran produk dengan memanfaatkan media sosial Facebook. Promosi yang dilakukan menggunakan poster sederhana yang bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi canva sehingga promosi yang dilakukan lebih menarik. Selanjutnya dengan adanya pendampingan pembuatan laporan keuangan dasar UMKM, para pelaku UMKM lebih bisa mengatur atau memanajemen keuangan usaha nya.

Kata Kunci: Pemasaran Produk, Manajemen Keuangan, UMKM Desa Genting

References

Entrepreneur, J. (2021). Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. Retrieved from jurnal entrepreneur: https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/i

Feni Dwi Anggraeni, I. H. (n.d.). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI FASILITASI PIHAK EKSTERNAL DAN POTENSI INTERNAL. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1286-1295.

Gustani. (2021, May 20). Format Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM. Retrieved from Gustani.ID: https://www.gustani.id/2021/05/format-laporan-keuangan-umkm.html?m=1

Id, J. (2021). Contoh Laporan Keuangan Khusus UKM yang Sesuai Dengan SAK EMKM. Retrieved from Jurnal entrepreneur: https://www.jurnal.id/id/blog/contoh-laporan-keuangan-khusus-ukm-yang-sesuai-dengan-sak-emkm/

Id, J. (2021). Strategi Manajemen Keuangan Praktis UMKM. Retrieved from Jurnal entrepreneur: https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-manajemen-keuangan-bagi-umkm/

Indonesia, I. A. (2020, May 06). SAK EMKM, LITERASI AKUNTANSI UNTUK UMKM DI INDONESIA. Retrieved from IKATAN AKUNTAN INDONESIA: http://iaiglobal.or.id/v03/berita-kegiatan/detailberita-1270-sak-emkm-literasi-akuntansi-untuk-umkm-di-indonesia

Ramadhani, N. (2019, March 18). 6 Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah. Retrieved from Akseleran: https://www.akseleran.co.id/blog/pengembangan-usaha-kecil-menengah/

Robby Firmansyah, R. N. (n.d.). STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMBERDAYAAN UMKM. Jurnal Administrasi Publik, 154-160.

Supendi, D. (2020, Agustus 29). Usaha Kecil Menengah, Kelebihan dan Kekurangan beserta contohnya. Retrieved from HARAPANRAKYAT.COM: https://www.harapanrakyat.com/2020/08/usaha-kecil-menengah/

Muhammad Fedryansyah,Ramadan Pancasilawan,Moch Zainudin. (2020,Desember). Pengembangan Potensi Ekonomi Wilayah dalam Perspektif Kewirausahaan di Desa Kadakajaya. Kumawula:Jurnal Pengabdian Masyarakat.http://jurnal.unpad.ac.idkumawula/index

Muhammad Saat Ibnu wafqin,Moch Komari,Rindi Andriani,Anton Muhibuddin. (2021,April). Strategi Branding Untuk Membangun Indentitas Brand dalam Meningkatkan PemasaranI.EKONOMI; JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT.

Waslah,Lina Ainul Janah,Ninik Ismawati. (2020,Desember). Pemanfaatan Jagung Sebagai Potensi Ekonomi Lokal untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Keluarga di Brodot. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BIDANG EKONOMI.

Mustamim,Laila Fatikhatul Ula,Luky Widyastutik. (2020.Desember). Inovasi dan Srategi Pemasaran produk Industri Kecil di Era New Normal. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BIDANG EKONOMI.

Published

2022-08-30
Abstract viewed = 108 times