Tata Kelola Adminitrasi Desa Tepi Laut Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara

Authors

  • Onsardi Onsardi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ahmad Sumarlan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah BenINDOgkulu
  • Meilaty Finthariasari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i1.288

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh perangkat desa, Desa Tepi Laut Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara dalam pengelolaan administrasi desa adalah   bahwa sumber daya manusia masih berpendidikan relatif rendah, penguasan tehnologi yang masih kurang khususnya penguasaan penggunaan komputer, perangkat desa masih kurang mendapat pelatihan. Tujuan yang ingin dicapai adalah memberikan pengetahuan yang memadai mengenai administrasi desa, memberikan pelatihan berbasis komputer tentang administrasi desa.  Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah dalam bentuk pelatihan kepada seluruh perangkat desa yang berhubungan langsung dengan pengelolaan administrasi desa. Metode pelatihan tersebut di atas  diimplementasikan dalam tiga tahapan yaitu (1) sosialisasi, (2) peningkatan kompetensi dan peningkatan skill, (3) monitoring dan evaluasi. Hasil pelatihan ini adalah (1) peningakatan penguasaan dan kemampuan perangkat desa dalam pengelolaan administrasi desa, (2) peningkatan ketrampilan perangkat desa dalam penggunaan teknologi komputer dalam pengelolaan administrasi desa.

Keywords : Pelatihan, Administrasi Desa

References

Ali, Faried. 2011. Teori dan Konsep Administrasi: Dari Pemikiran Paradigmatik Menuju Redefinisi. Jakarta: Rajawali Press.

Anggara, Sahya. 2012. Ilmu Administrasi Negara (Kajian Konsep, Teori dan Fakta Dalam UpayaMenciptakan Good Governance). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Bernardin, H.John and Russel. 2010. Human Resource Management. New York: McGraw-Hill

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Lubis, K.A. (2008). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Perkebunan Nusantara IV (PERSERO) Medan. Tesis, Universitas Sumatra Utara.

Michael R. Carrell (2011) Personnel: Human Resource Management. 4th Edition Northern Kentucky University

Mouw E dan Keradjaan H,. 2016. Pengelolaan Administrasi Pemerintahan Desa. Jurnal UNIERA Volume 5, Nomor 2.

Onsardi, A., Asmawi, M., & Abdullah, T. (2017). The Effect Of Compensation, Empowerment, And Job Satisfaction On Employee Loyalty. International Journal of Scientific Research and Management, 5(12), 7590-7599.

Onsardi, O. (2018). Loyalitas Karyawan pada Universitas Swasta di Kota Bengkulu. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 2(1), 1-13.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Administrasi Pemerintahan Desa.

Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 2018. Pedoman Prposal Pengabdian Masyarakat. LPPM

Zainal, Veithzal, Rivai, Mansyur Ramly, Thoby Mutis, Willy Arafah. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahan Dari Teori ke Praktik-Edisi Ketiga. Jakarta: PT. RajaGrafindo, 2014.

Downloads

Published

2019-05-05
Abstract viewed = 292 times