PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO DI DESA SIDODADI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Authors

  • M. Jeffri Arlinandes Chandra Universitas Terbuka Bengkulu
  • Citra Dewi Universitas Dehasen Bengkulu
  • Ahmad Soleh Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rita Prima Bendriyanti Universitas Dehasen Bengkulu
  • Desrio Windoro Universitas Dehasen Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v4i3.2047

Abstract

Desa Sidodadi merupakan desa yang terletak di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu dengan jarak kurang lebih 29,8 km dari Kota Bengkulu. Dilihat dari sumber daya yang ada, Desa Sidodadi memiliki potensi yang cukup baik untuk pengembangan industri kecil, khususnya industri rumah tangga di bidang pangan. Salah satu industri kecil yang ada di Desa Sidodadi adalah industri rumah tangga pengolahan pangan Novi Cake. Industri ini memiliki kekuatan berupa produk yang memiliki ciri khas dan berpotensi untuk dikembangkan. Berdasarkan analisis situasi dan survei yang telah dilakukan, kondisi Pandemi Covid-19 sangat memberi dampak bagi pelaku usaha industri kecil diantaranya adalah industri rumah tangga Novi Cake, maka pengusul bersama mitra menyepakati beberapa persoalan yang dihadapi yaitu belum memiliki legalitas industri (Izin P-IRT); keterbatasan peralatan atau teknologi produksi; keterbatasan pemahaman dalam aspek manajerial (Produksi, Pemasaran dan Keuangan); dan keterbatasan penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pengabdian bersama mitra telah melakukan beberapa kegiatan yaitu pengurusan perizinan Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT) untuk menentukan legalitas industri dan jangkauan pemasaran yang lebih luas; pemberian bantuan peralatan produksi atau teknologi pengolahan produk guna mendukung kapasitas produksi sesuai kebutuhan pasar; pendidikan dan pelatihan dalam aspek manajerial (manajemen produksi, manajemen pemasaran dan manajemen keuangan) serta  pelatihan penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran produk secara online. Selain itu, luaran program PkM Dosen ini dipublikasikan pada jurnal nasional ber ISSN.

 

Kata kunci : daya saing, peningkatan, usaha mikro.

References

Amri, Andi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal BRAND. 2(1). 123-130.

Pemerintah Desa Sidodadi. 2020. Profil Desa Sidodadi. Sidodadi: Pemerintah Desa Sidodadi.

McCall, Jamie. 2020. Assessing the Economic Impacts of COVID-19 on North Carolina’s Small Business Community. Raleigh, NC: Carolina Small Business Development Fund.

MicroMentor Indonesia. 2020. Kumpulan Tips Praktis untuk UMKM Beradaptasi dalam Merespon Dampak Covid-19. Jakarta: Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

OECD. 2020. Coronavirus (COVID-19): SME Policy Responses. Tackling Coronavirus (COVID-1) – Browse OECD Contribution.

Omar, Ahmad Raflis Che., Ishak, Suraiya., and Jusoh, Mohd Abdullah. 2020. The Impact of Covid-19 Movement Control Order on SMEs’ Businesses and Survival Strategies. Malaysian Journal of Society and Space 16 issue 2. 139-150.

Published

2021-12-29

Issue

Section

Edisi Desember Vol 4 No 3 2021
Abstract viewed = 103 times